Dukungan Mitra PMI Banyuwangi, Dalam Retrofitting (Penguatan Rumah Aman Gempa)

19 February 2020, 08:45 WIB
6 2 294
Gambar untuk Dukungan Mitra PMI Banyuwangi, Dalam Retrofitting (Penguatan Rumah Aman Gempa)
Banyuwangi, 18/02/2020 di Hotel Aston dalam acara Rapat Kerja Kemitraan PMI Banyuwangi.

Banyuwangi sebagai salah satu Pilot Project Program Kesiapsiagaan Gempa Bumi Indonesia yang dilaksanakan berkat kerjasama Palang Merah Indonesia dan Palang Merah Amerika dengan dukungan USAID. Sesuai tujuannya mengurangi resiko dampak kerugian yang ditimbulkan bencana baik jiwa maupun bangunan, maka kali ini PMI menghadirkan seorang Consultan Tekhnis Konstruksi Bangunan, untuk program Indonesia Earthquakes Readiness yaitu Mr.Arwin Soelakso.

Berapa kali mayoritas orang Indonesia membangun rumah?" tanya beliau sesaat sesudah berkenalan pada audience. Sontak audiens menjawab 1 kali, dan itu dibenarkan oleh Mr. Arwin. Menurutnya hal ini akan menjadi tantangan, selain tantangan minimnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat untuk upaya penyelamatan keluarga dari segi pembangunan rumah yang tahan gempa.

"Sosialisasi Retrofitting atau penguatan rumah aman gempa akan menjadi penting Mengingat Banyuwangi berada di wilayah rawan gempa." tambahnya. Pemutaran video bangunan rentan gempa adalah sesi yang menarik yang menjadi bagian untuk menumbuhkan kesadaran dan awearness masyarakat. Sehingga untuk mencapai tujuan ini, PMI membutuhkan dukungan dari beberapa mitra.

Beberapa mitra yang dihadirkan BPBD, BMKG, ASDP, BSI, ASTON Hotel, BOSOWA semen, Gapensi, Banyuwangi TV, Dinas Sosial, PU CKPR, dan Telkom telah menyepakati akan memberikan dukungan untuk kegiatan kemanusiaan PMI , terkait kesiapsiagaan bencana gempa bumi.

Puncak paparan dari PMI pusat Ka. divisi pengembangan SDM Sri Charijatunurfajriah yang akrab disapa Bu Ria mengungkapkan "PMI dalam kemitraan memiliki 7 prinsip diantaranya Kenetralan dan Kemanusiaan, PMI tidak bisa berdiri sendiri tanpa bantuan instansi lain, namun Kemitraan paling menguntungkan jika berdasar kebutuhan dari kedua belah pihak, sehingga PMI ingin bermitra sesuai intervensi masing masing." jelasnya. Beliau sangat berbahagia ketika para mitra sepakat mendukung dan menandatangani papan simbol kemitraan terkait komitmennya dengan Program Kesiapsiagaan Gempa Bumi dengan PMI.

Setelah pembacaan kesimpulan oleh H.Hariadji Sugito SKM MM. Maka, Selaku Moderator acara Dr. Edy Hermanto anggota pengurus PMI, mempersilahkan Drs. Dwiyanto, untuk menutup acara. Menurut Drs. Dwiyanto staf ahli Bupati Banyuwangi, beliau selaku pengurus PMI yang sebelumnya membuka acara kemitraan ini mengatakan bahwa "Ini bukan hanya sebuah komitmen, tetapi harus ada regulasi, sehingga setiap apa yang dilakukan oleh stakeholder tidak menyalahi aturan Bupati," ujarnya menutup acara.

Kesepakatan ditandai dengan masing masing mitra membubuhkan tanda tangan pada papan komitmen, Acara berjalan lancar dan ditutup dengan sesi pemotretan.

#Kemitraan terkait Retrofitting
#penguatan rumah aman gempa
# upaya kesiapsiagaan dan mitigasi gempa bumi
#pengurangan dampak resiko bencana

  2 Komentar untuk Dukungan Mitra PMI Banyuwangi, Dalam Retrofitting (Penguatan Rumah Aman Gempa)

Tulis komentarmu...

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Gerakan Aksi Cantelan Sayuran di Wirogunan, Mulai Menggeliat

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  26 Jun 2020
  2. SIBAT MOJOPANGGUNG bersama PMI BANYUWANGI Peduli Disabilitas

    Ismy Banyuwangi  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  28 Jun 2020
  3. Mulai Menggeliat Gerakan Aksi Cantelan Sayuran di Wirogunan

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  25 Jun 2020

Komentar Terbanyak

  1. 6
    Komentar

    SIBAT MOJOPANGGUNG bersama PMI BANYUWANGI Peduli Disabilitas

    Ismy Banyuwangi  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  28 Jun 2020
  2. 1
    Komentar

    kegiatan pagi ini

    AI HARYANTI  di  Baros, Sukabumi Kota  |  28 Jun 2020
  3. 1
    Komentar

    Yuk Gunakan Kalkulator COVID19 Untuk Mengetahui Kondisi Kesehatanmu

    Muh Agung  di  Jakarta Barat  |  30 Jun 2020
  4. 1
    Komentar

    Gerakan Aksi Cantelan Sayuran di Wirogunan, Mulai Menggeliat

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  26 Jun 2020