Dukung Smart Healthy City, Semua Puskesmas di Depok Akan Terapkan Sistem Pendaftaran Online

36101 medium 17102018
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok menerapkan aplikasi sistem pendaftaran online pasien untuk di puskesmas. Langkah tersebut dilakukan sebagai upaya dalam mendukung program unggulan Depok sebagai Smart Healthy City.

Sekretaris Dinkes Kota Depok, Ernawati mengatakan, sistem yang dibuat tersebut telah terintegrasi dengan Sistem Informasi Puskesmas (Simpus). Menurutnya, dengan sistem tersebut dapat menggantikan mesin antrean untuk mendaftar secara manual di puskesmas.

“Melalui sistem ini, kini masyarakat dapat lebih mudah melakukan pendaftaran. Warga dapat mengakses melalui http://pendaftaran.dinkes.depok.go.id,” tuturnya kepada depok.go.id, belum lama ini.

Dikatakan Erna, sapaannya, pendaftaran online mulai dibuka dari pukul 07.00 wib. Ada beberapa persyaratan yang perlu disiapkan sebelum mendaftar, seperti nomor E-KTP, nomor kartu pasien, dan nomor kartu BPJS Kesehatan.

Kemudian, lanjutnya, bagi pasien lama diperbaharui dengan mengisi nomor E-KTP atau kartu pasien dan jenis pembayaran. Sedangkan pasien baru harus mengisi data diri secara lengkap.

Dikatakannya, untuk saat ini sistem pendaftaran online sudah diterapkan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Cipayung. Ke depan akan diterapkan di seluruh Puskesmas yang ada di Kota Depok.

“Untuk di UPT Puskesmas Cipayung melayani pendaftaran online untuk empat poli yaitu poli umum, poli anak, poli gigi, dan poli kesehatan ibu dan anak,” katanya.

Terakhir, dirinya mengharapkan, dengan adanya aplikasi sistem pendaftaran online pasien dapat memudahkan masyarakat dalam melakukan pendaftaran di puskesmas. Selain itu pasien tidak perlu lama menunggu antrean di loket pendaftaran dan pasti mendapatkan nomor antrean poli.

“Aplikasi ini sangat mudah digunakan oleh masyarakat. Semoga masyarakat dapat terbantu dengan adanya sistem pendaftaran secara online,” pungkasnya.

sumber : Diskominfo Depok
foto : Diskominfo Depok
Sudah dilihat 42 kali

Komentar