Dukung Pilkada Demokratis, PPMN Gelar Pelatihan Jurnalis Warga

2 0 40
Gambar untuk Dukung Pilkada Demokratis, PPMN Gelar Pelatihan Jurnalis Warga
Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) kolaborasi dengan Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) di bawah program RESPECT menggelar pelatihan Jurnalis Warga (JW). Tahun ini PPMN berkolaborasi dengan jurnalis di lima kota besar yaitu Solo, Palu, Lombok Utara, Ketapang, dan Yahukimo untuk melaksanakan program penguatan JW di kota tersebut.

Koordinator JW Solo, Ika Yuniati, Kamis (15/10/2020), mengatakan program penguatan JW Solo dilakukan untuk meningkatkan kapasitas warga dalam mengumpulkan informasi. Khususnya tentang semua hal yang berkaitan partisipasi publik dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Solo. Hal ini perlu dilakukan untuk mendukung pelaksanaan Pilkada yang demokratis.
Ika menggandeng sejumlah komunitas di Solo. Mulai dari komunitas Emak-Emak Blogger, perwakilan dari organisasi disabilitas Solo, anggota serikat pekerja Indonesia, dan anak muda yang konsen pada isu sosial. Program ini dimulai dengan workshop online dan offline sejak Sabtu (3/10) bersama sejumlah narasumber. Mereka adalah perwakilan Bawaslu Solo, KPU Solo, Pengamat Politik, Google News Initiative Training Center, Ketua Aji Solo, dan Pegiat Mobile Journalisme dari Yogyakarta.

Seperti diketahui Indonesia akan menggelar Pilkada serentak di 270 daerah. Dengan rincian sembilan provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota pada 9 Desember 2020. Keputusan pelaksanaan pilkada ini merujuk pada Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang nomor 2 tahun 2020 tentang Pilkada 2020, yang telah disepakati oleh DPR serta pemerintah. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan bahwa kemungkinan tidak akan ada lagi penundaan pelaksanaan pemilu. Meskipun tahapan pelaksanaan pilkada akan beririsan dengan masa penanganan pandemi.
Dalam semua proses pemilu tersebut, seluruh tahapan pelaksanaan pemilu dari kampanye hingga pemilihan dan penghitungan suara menjadi hal yang krusial untuk diketahui dan diawasi oleh publik.

Guna memastikan seluruh tahapan pemilu berlangsung transparan dan inklusif. Komisioner Bawaslu Solo Arief Nuryanto saat mengisi diskusi bersama para JW Solo, di Kelana Coffee by Sekutu, Sabtu (3/10), mengatakan pengawasan publik diperlukan dalam pelaksanaan Pilkada. Partisipasi publik ini bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya lewat program Jurnalis Warga.

#PilkadaSolo #Respect #PPMN #JWSolo

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Komunitas Motor (Sezari C70 ) Lombok Timur Peduli Lingkungan

    sosiawanputra  di  Pringgasela, Lombok Timur  |  26 Nov 2020
  2. Semangat Harlah KOPRI dari Pulau Putri

    Nensi Indri  di  Gresik  |  30 Nov 2020
  3. Suro Amerta Surokarsan Titik Finish Gowes Bareng Promosi Wisata Kampung

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  29 Nov 2020
  4. TASYAKURAN PEMBUKAAN KEMBALI SSB PELITA TUNAS CICURUG-SUKABUMI

    Firman Ardiansyah  di  Cicurug, Sukabumi Kabupaten  |  29 Nov 2020

Komentar Terbanyak

  1. 2
    Komentar

    TASYAKURAN PEMBUKAAN KEMBALI SSB PELITA TUNAS CICURUG-SUKABUMI

    Firman Ardiansyah  di  Cicurug, Sukabumi Kabupaten  |  29 Nov 2020
  2. 2
    Komentar

    Hayya 'Alal Jihad Itu Lafazh Bid'ah Dalam Azan

    Satriandesta Mahadyasastra  di  Kemang, Bogor Kabupaten  |  30 Nov 2020
  3. 1
    Komentar

    Jurus Jitu Camat Menurunkan Angka AKI-AKB

    Sarip Hidayatulloh  di  Parungkuda, Sukabumi Kabupaten  |  29 Nov 2020
  4. 1
    Komentar

    Komunitas Motor (Sezari C70 ) Lombok Timur Peduli Lingkungan

    sosiawanputra  di  Pringgasela, Lombok Timur  |  26 Nov 2020