Duka Petani Tebu Lamongan

15537 medium data
Kasihan petani tebu Lamongan, saat panen harga tebu justru anjlok tidak karuan. Tahun lalu, satu truk tebu bisa dijual sampai harga 3 juta rupiah, sekarang dua truk tebu hanya mendapat 3 juta. Jatuhnya harga sampai 50% dari harga tahun lalu.

Dari penurunan harga ini yang paling merasakan imbasnya adalah para petani kecil. Karena petani kecil paling hanya bisa panen tak lebih dari lima truk. Sebagian besar malah hanya kisaran satu atau dua truk.

Selain itu, kualitas tebu juga menentukan harga tebu. Jika kualitas tebu jelek (bisa karena bibit tebu yang ditanam bukan tebu unggul) maka rendemen tebu akan rendah, nah karena rendahnya rendemen inilah yang membuat harga beli tebu menurun.

Untuk sistem jual beli tebu, sebaiknya menggunakan sistem beli putus saja. Caranya, petani mengirimkan tebu ke pembeli (pabrik gula), ditimbang, kemudian dianalisa rendemen, selanjutnya tebu digiling. Sampai proses ini harga tebu sudah bisa diketahui. Sekurangnya tiga hari dari masa penggilingan uang pembelian tebu sudah bisa dikirim ke rekening petani.
Sudah dilihat 51 kali

Komentar