DUH..DINAS PERTANIAN SUBANG MINTA PETANI TIDAK MENANAM DULU PADI SAAT INI

33132 medium post 41746 714582f4 a699 40c0 9023 edc83e1faf33 2018 09 16t06 58 04.320 07 00
Dinas Pertanian Kabupaten Subang, meminta agar para petani menahan diri, untuk tidak memaksakan menanam padi sekarang ini, karena kondisinya masih musim kemarau, sehingga rentan terkena kekeringan, akibat kekurangan pasokan air.

Kepala Bidang Penyuluh dan Sumber Daya Dinas Pertanian Kabupaten Subang, Anang Sudrajat SP mengatakan, jika para petani memaksakan diri untuk menanam padi saat ini, maka kekhawatiran akan gagal panen semakin beresiko bagi para petani. Anang mengungkapkan, dari luas areal pertanian yang terancam kekeringan, yang terjadi di seluruh wilayah Kabupaten Subang, di atas 10 ribu hektare, 5 ribu hektare diantaranya yang sudah ditanami padi, dan itu juga sudah terancam kekurangan pasokan air, yang harus rebutan air, meski diatur dengan sistem hilir giring air ke areal sawah seluas 5 ribu hektare itu.

Apalagi kata Anang, jika yang 5 ribu hektare lebih, harus ditanami saat ini, tentunya tidak akan terairi, dengan air yang ada di saluran irigasi teknis yang ada, karena debitbairnyabsudah berkurang karena kemarau panjang. Yang menjadi kendala selama ini bagi Dinas Pertanian dalam mencegah para petani untuk tidak melakukan penanaman padi saat ini lanjut Anang sangat sulit, untuk menahan masyarakat agatlr tidak melakukan tanam saat ini, karena paradigma masyarakat Subang selama ini, masih sugesti terhadap hitung-hitungan jadual tanam yang berbau mistis, dan menjadi kebiasaan para petani, meski harus menanam padi di musim kemarau. (dh)
Sudah dilihat 19 kali

Komentar