DPRD Depok: Ada Laporan Pungutan Sekolah Selain di SMAN 5

11079 medium dprd depok ada laporan pungutan sekolah selain di sman 5
Pungutan kepada siswa sekolah negeri di Depok ternyata tak hanya terjadi di SMA Negeri 5. Menurut anggota Komisi D DPRD Kota Depok Sahat Farida Berlian, pungutan juga dilakukan di beberapa sekolah lain.

Sekolah lain itu juga menerapkan kebijakan yang sama dengan SMAN 5 yaitu menahan kartu ujian bagi siswa yang belum melunasi sumbangan wajib.

"Banyak yang laporan ke saya. Mereka tidak berani mengungkapkan ke sekolah langsung, karena takut tindakan sekolah terhadap anaknya," kata Farida saat dihubungi Kamis, 9 Maret 2017.

Farida mengatakan laporan yang masuk kepadanya, pungutan semacam di SMAN 5 juga dilakukan di SMKN 2 dan SMAN 13 Depok.Sekolah tersebut tidak memberikan kartu ujian bagi siswa yang belum membayar sumbangan."Orang tua takut dengan sekolah. Sebenarnya, banyak yang ingin menyampaikan masalah ini," ujarnya.

Menurutnya, masalah ini telah terjadi menahun di Depok. Apalagi diperparah dengan alih kelola SMA/SMK ke provinsi, berdasarkan undang-undang daerah. Sehingga, banyak sekolah sekarang kekurangan dana untuk biaya operasional sekolah.

Namun, yang patut disorot adalah integritas kepala sekolah negeri di Depok. Menurutnya, sekolah jangan menutupi anggaran yang diberikan pemerintah, dan sumbangan yang masuk ke sekolah. "Selama ini mereka menutup itu. Integritas sekolah dipertanyakan terhadap masalah ini."

Ia menuturkan awalnya Depok memberikan Rp 2 juta per siswa pertahun. Namun, setelah kewenangan pengelolaan dicabut, Depok tidak lagi mengucurkan anggaran untuk SMA/SMK.

Sekarang SMA/SMK di Depok, hanya mengandalkan bantuan dari provinsi sebesar Rp 700 ribu dan pusat Rp 1,4 juta. Jadi, kekurangan biaya operasional sekolah bisa ditopang dari bantuan orang tua siswa, berdasarkan kesepakatan.

"Tapi, cara sekolah kurang tepat kalau sampai menahan kartu ujian, bagi siswa yang belum bayar," ujarnya.

Hingga berita ini dibuat Tempo belum berhasil mengkonfirmasi pihak SMKN 2 dan SMAN 13 Depok.

Sumber: Tempo
Sudah dilihat 102 kali

Komentar