Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) Menjadi Penunjuk Arah Pembangunan Desa

32940 medium post 41586 f8428e20 f45e 4480 8691 bd6955c15cd5 2018 09 14t13 55 32.267 07 00
Seminar Nasional RPJMDes Realisasi Membangun Dari Desa yang diselenggarakan oleh Pusat Studi Perencanaan Regional Univiersitas Gajah Mada menghadirkan peneliti dan pelaksana undang undang desa. Hadir sebagai pemateri Dra. Ambar Teguh Sulistyani, Msi yang menyampaikan masukan berdasr pada hasil penelitianya bahwa analisa SWOT (Kekuatan, Kelemahan Kesempat dan peluang) dapat digunakan sebagai penentuan strategi penyusunan RPJMDes, selain itu perlu adanya keselarasan arah pembangunan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten dan Desa. Perlu adanya kecermatan dalam penggkajian desa agar sesuai dengan kondisi desa.
Kondisi aktual yang terjadi saat ini pemerintah desa cukup direpotkan dengan kegaitan desa yang cukup banyak, sehingga titik tekan pendampingan di desa pada pertanggungjawaban keuangan desa ungkap Al Khaliq, S. Sos, M.Si dari Kepala Bidang Administrasi Keuangan dan Aset Dinas PMD Kabupaten Sleman.
Sementara dari sebagai pelaku utama penyusun RPJMDes Lurah Desa Panggungharjo Wahyudi Anggoro Hadi, S. Farm. Apt mengungkapkan bahwa penyusunan RPJMDes berdasar dari arah kebijkan desa merupakan muara dari Visi dan misi Kepala Desa yang mampu memuat kondisi ideal, meskipun tidak mudah dicapai dan bersifat jangka panjang yang tidak terlepas dari basis data yang akurat dan update.
Sudah dilihat 85 kali

Komentar