DLHK Siap Menyeleksi Usulan Pelestarian Ciliwung

51448 medium 25022019
Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Ety Suryahati mengatakan, akan melakukan seleksi terhadap usulan yang diberikan komunitas maupun lembaga yang peduli terhadap kelestarian Ciliwung. Pihaknya memberikan kesempatan seluruh elemen untuk mengajukan usulan secara tertulis, agar bisa ditindaklanjuti.

“Siapa pun sah-sah saja mengajukan usulan, apalagi yang sifatnya untuk kebaikan lingkungan. Namun, nanti akan kita lihat dulu, mana kebutuhan yang mendesak, mana yang bisa dikaji dulu. Yang jelas kami mendukung serta mengapresiasi program kegiatan yang dilakukan pegiat lingkungan,” ujar Ety di kantornya, Senin (25/02/19).

Diakui Ety, salah satu usulan yang masuk kepadanya dari Yayasan Sahabat Ciliwung. Ketua Yayasan Sahabat Ciliwung, Hidayat Al Ramdani mengaku, sudah sering bekerja sama dengan DLHK Kota Depok. Bahkan, untuk tahun ini komunitasnya mengajukan tiga usulan agar bisa diakomodir DLHK.

“Kami mengajukan tiga usulan. Salah satunya penguatan program Green to School yang telah dijalankan bersama. Baik DLHK, Yayasan Sahabat Ciliwung dan beberapa komunitas lainnya,” ujar Dayat, sapaanya, saat ditemui di Balai Kota.

Kedua, lanjut Dayat, kegiatan patroli sungai. Namun, dalam kegiatan ini ada upaya penguatan, baik dari segi operasionalnya maupun kelengkapan sarana dan prasarana. Ketiga adalah pengadaan pos pantau di beberapa lokasi seperti di Kali Pesanggrahan dan Kali Caringin.

“Kita minta DLHK untuk membuatkan pos-pos pantau di beberapa lokasi, jadi tidak hanya di Ciliwung. Karena ini bagian dari titik pantau sungai dan cara paling mudah mengecek kondisi air, bukan hanya saat banjir dan saat banyak sampah, tetapi untuk mengecek keadaan airnya seperti apa,” katanya.

sumber: PemkotDepok
foto: PemkotDepok
Sudah dilihat 46 kali

Komentar