DKPPP Cepat Tangani Dugaan Avian Influenza

32333 medium post 41083 0f9802c1 527a 4e53 b963 3d34ec3947f2 2018 09 08t15 07 04.806 07 00
Matinya 15 unggas secara mendadak milik warga Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, langsung direspons cepat Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Depok. Meski baru dugaan unggas tersebut terkena Newcastle Disease (ND) atau Avian Influenza (AI), DKPPP langsung menindaklanjuti temuan itu dengan menurunkan petugas ke lokasi kejadian.

“Ini masih indikasi sementara belum ada hasil pasti. Kami sudah turunkan petugas untuk memeriksa kandang ayam kalkun yang mati, kemudian diberikan disinfektan,” ujar Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKPPP Kota Depok, Dede Zuraida di Ruang kerjanya, Jumat (07/09/18).

Dede menambahkan, unggas yang mati sudah dibakar dan dikubur dengan ditaburi kapur. Jika positif AI, maka unggas lainnya seperti ayam, akan dipisahkan dari kandang unggas yang sudah mati.

“Apabila positif AI, unggas lainnya seperti ayam kate akan dipisahkan. Saat ini kita masih menunggu hasil laboratorium,” kata Dede.

Dirinya meminta warga, agar penyakit pada unggas diwaspadai dan segera diantisipasi sedini mungkin. Tentunya dengan pemberian vaksin yang bisa dilakukan secara swadaya oleh peternak unggas.

“Kalau sudah ada hewan yang mati mendadak, harus segera diantisipasi. Caranya dengan memberi vaksin pada unggas tersebut, dan mengurangi aktivitas lalu lintas orang. Artinya orang yang masuk kadang hanya boleh peternak saja, karena biasanya peternak sudah kebal. Apabila kasus ini hasilnya positif AI, akan dilakukan pemusnahan dengan cara dibakar berikut dengan kandangnya.” pungkasnya.

sumber : Diskominfo Depok
foto : Diskominfo Depok
Sudah dilihat 27 kali

Komentar