Disnakertrans Terapkan Layanan Standar ISO

Header illustration
Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) menerapkan layanan standar internasional (ISO) dalam layanan publik. Kini pihaknya gencar mencegah calo tenaga kerja serta mencegah pungli pembuatan kartu kuning.
Kepala Disnakertrans Asep Nuroni mengatakan, pihaknya menjadi salah satu dinas yang menerapkan layanan tersertifikasi ISO. “Sistemnya sudah berbasis data dan langsung nge-link ke Kemenaker. Apalagi kita sudah menerapkan sistem ISO sehingga meminimalisir adanya pungli,” ujar Asep.
Ia mengungkapkan, dalam sehari ada ratusan pembuat kartu kuning. Apalagi saat lulusan sekolah bisa mencapai ribuan. Sebab menjadi salahsatu persyaratan untuk melamar pekerjaan. Asep pun menegaskan, pembuatan kartu kuning tidak dipungut biaya
.
Sementara Kasubag Tata Usaha UPTD Balai Latihan Kerja Disnakertrans Ucu Kuswandi mengatakan, pihaknya terus melakukan pelatihan-pelatihan kepada para calon tenaga kerja di Subang. Bahkan dalam program pelatihan tersebut selain mengajarkan berwirausaha juga menyalurkan para calon tenaga kerja yang sudah mendapatkan pelatihan. “Kebanyakan perusahaan datang dan meminta para calon tenaga kerja yang sudah dilatih oleh kami untuk bekerja di perusahaannya,” katanya.
Dijelaskan Ucu, pelatihan kerja yang dilakukan bekerjasama dengan pihak desa. Sehingga bisa mengusulkan kepada BLK agar bisa dilatih keterampilannya. Selain itu, pihaknya menyediakan isntruktur yang ditugaskan ke desa-desa. “Mereka turun ke desa untuk melatih keterampilan masyarakat dan melatih tenaga kerja penyandang disabilitas,” tandasnya.(*)
Sudah dilihat 20 kali

Komentar