DISKUSI WEBSITE DESA GILANGHARJO

8 January 2019, 11:57 WIB
5 0 136
Gambar untuk DISKUSI WEBSITE DESA GILANGHARJO
Sistim Informasi Desa Gilangharjo pada tahun 2018 mengalami peningkatan pesat . Secara inovasi salah satunya informasi desa bisa dilihat melalui media sosial, dan dari jumlah tulisan yang hadir di website desa juga banyak mengalami peningkatan. Seperti disampaikan oleh Ndaru Sih Wahyono, SS. ( kaur Tata Usaha&Umum ) yang juga menjabat sebagai operator sistem informasi desa Gilangharjo, bahwa pada tahun 2017 hanya ada 30 tulisan tertuang, sedangkan pada tahun 2018 website desa bisa menampilkan 215 tulisan sekitar informasi dan perkembangan desa Gilangharjo.
Pada pertemuan diskusi tadi malam yang dihadiri oleh beberapa warga Gilangharjo yang memiliki minat menulis, terucap banyak harapan untuk tahun 2019 yang akan kita lewati dengan semakin meningkatkan minat menulis tentang desa Gilangharjo dan segala hal yang bermanfaat untuk masyarakat Gilangharjo.
Sebagai supportnya tahun 2018 kemarin pemerintah desa memberikan dana untuk pengadaan kamera mirroless , dan tahun 2019 ini akan dianggarkan juga dana untuk pengadaan handycam. Alat - alat tersebut tentu saja akan sangat menunjang kegiatan SID untuk semakin menampilkan informasi dengan gambar yang berkualitas, juga bisa menjangkau media informasi yang lebih luas seperti YouTube.
Tahun ini pula , pemerintah desa Gilangharjo akan menganggarkan pengadaan smartphone untuk meningkatkan pelayanannya yang berbasis digital. Inovasi ini akan meningkatkan pelayanan untuk masyarakat sehingga menjadi lebih mudah dan praktis.
Pada kesempatan ini pula pemerintah desa mengharapkan saran serta masukan pada warga yang hadir yang mana saran tersebut bisa meningkatkan kegiatan website desa.
Hal yang juga menarik dalam pertemuan ini website desa menambahkan beberapa warga dalam susunan pengurus dalam ini menambah jumlah wartawan desa.
Dengan bangga saya laporkan juga, bapak lurah desa Gilangharjo , bapak Drs. Pardiyono berkenan hadir dalam diskusi dan menyampaikan bahwa Gilangharjo setapak demi setapak menuju desa mandiri dan memantapkan tujuannya meningkatkan harkat martabat desa Gilangharjo. Untuk itu Gilangharjo membuat website yang bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin agar langkah - langkah pemerintah desa Gilangharjo juga dapat diketahui dan dijangkau masyarakat melalui media digital. Sungguh kesempatan yang baik kita bisa mencoba melangkah agar Gilangharjo lebih dikenal khalayak luas. Website adalah cendela masyarakat luar mengetahui segala sesuatu tentang Gilangharjo. Website ini juga merupakan media belajar bersama dalam menulis hal - hal informasi positif untuk warga dan masyarakat di luar Gilangharjo.
Tantangannya adalah website ini harus mampu memberitakan hal yang positif dan sesuai dengan kenyataan yang terjadi di Gilangharjo.
Pemerintah desa Gilangharjo akan menganggarkan dana agar website ini tetap berjalan baik, karena bisa membantu menciptakan generasi Gilangharjo yang memiliki visi , berdaya saing sehat dengan dunia luar, memiliki motivasi yang lebih keras mewujudkan desa yang sejahtera.
SID Sebagai media belajar yang baik akan didukung penuh karena seperti bapak lurah sampaikan belajar adalah hal yang tidak ada batasnya, upayakan untuk selalu berinovasi dan mengikuti perkembangan jaman akan didukung.
Ikut hadir pula Bp. Supriyanto SE beliaulah yang menggawangi SID di desa Gilangharjo . Beliau menyampaikan senang dan bersyukur dalam kurun satu tahun dibantu bapak lurah dan atensi warga dalam menulis kegiatan untuk mengisi konten di SID Gilangharjo.
Tahun 2015 beliau sudah memikirkan pelayanan dan fasilitas informasi melalui teknologi digital.
Kerja keras dan konsistensi tim SID Gilangharjo sudah mulai menampakkan hasil. Existensinya tidak jauh tertinggal dengan SID daerah lain di kabupaten Bantul. Di awal tahun 2019 ini beliau mengharapkan SID Gilangharjo memiliki reporter - reporter dari warga . Sehingga SID bisa segera menampilkan profil desa secara utuh, termasuk menyentuh sejarah desa Gilangharjo, potensi - potensi di dalamnya , visi misi desa sampai 100 tahun kedepan, implementasi program kerja , RKP desa 1tahun ini , program bapak lurah dalam 6th menjabat dan hal-hal lain bisa dijangkau oleh warga dan masyarakat luas.
Tujuannya adalah Gilangharjo yang gilang - gemilang , menyambut generasi manusia yang sejahtera terbentuk menjadi kawasan wisata budaya yang kaya akan produk - produk andalan seperti Gamelan, batik Jogja istimewa milik Gilangharjo, topeng dan macam - macam kerajinan, makanan olahan, semua menjadi satu kesatuan upaya membranding Gilangharjo.
Beliau juga memaparkan dari menulis warga akan belajar menjadi enterpreneur karena dengan mengangkat produk - produk Gilangharjo mereka juga berlatih untuk menjadi wirausaha di bidang penjualan produk - produk tersebut.
Kembali diungkapkan dukungan penuh dari pemerintah desa dengan semakin meluaskan jejaring dengan Kemendikbud Jakarta sehingga Gilangharjo menjadi Rintisan study sejarah dan budaya, Instasi akademik seperti UPN akan membantu penelitian secara geologis dan sejarah Gilangharjo.
Jadi kalau boleh saya sampaikan disini , tugas dan berkat bagi saya dan saudara sekalian sebagai warga desa Gilangharjo, kita dipilih menjadi penangkap peluang dan ikut berperan serta dalam proses yang sangat berharga ini. Mari menulis informasi dan hal baik tentang kita, tentang desa kita tercinta, Gilangharjo.

  Komentar untuk DISKUSI WEBSITE DESA GILANGHARJO

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!