#DiRumahAja Cegah Persebaran Corona

26 March 2020, 22:12 WIB
1 0 43
Gambar untuk #DiRumahAja Cegah Persebaran Corona
Spacial distancing yang lebih mengutamakan kegiatan dilakukan dari rumah ini saya dimulai pada tanggal 17 Maret 2020. Selama masa spacial distancing, jujur saja saya tidak mempunyai kegiatan di rumah yang terbilang khusus. Saya terbiasa berkegiatan di luar rumah, lalu ketika dihimbau untuk #DiRumahAja dalam waktu yang lama, saya harus menyesuaikan diri dengan keadaan itu. Kemudian yang terjadi adalah durasi kegiatan sehari-hari yang diperpanjang. Misalnya, mengaji Al Quran yang tadinya hanya 15 menit menjadi setengah jam, membaca buku yang tadinya hanya setengah jam bisa menjadi 45 menit, belajar di rumah yang tadinya hanya dua jam menjadi dua jam lebih (sudah pasti, karena efek Study From Home). Dan tak ketinggalan, surfing, update status, dan menonton video bermanfaat di YouTube juga diperpanjang.

Beberapa kegiatan lain yang saya lakukan adalah kegiatan yang jarang atau sulit saya realisasikan sebelumnya di tengah-tengah kesibukan. Sebut saja yang sudah saya lakukan; menggali lubang untuk mengubur sampah, merawat tanaman, menanam benih aster, bermain darts, belajar memasak, menata ulang kamar, menggambar, meracik jamu, membuat disinfektan, mencoba DIY yang saya dapat dari YouTube, juga family time. Di samping itu, sepertinya masih ada banyak hal bermanfaat yang ingin saya lakukan untuk mengisi hari-hari #DiRumahAja yang tersisa (padahal saya tidak bisa memprediksi kapan masa ini akan berakhir). Always stay positive!

Di rumah, Ibu adalah anggota keluarga yang paling memperhatikan gerak-gerik kami. Ia memastikan kami mengonsumsi makanan sehat, rajin mencuci tangan, minum jamu, dan PHBS lainnya. Ia juga memastikan bagaimana kami bisa tetap berada di rumah, mengerjakan hal-hal positif, juga mengikuti prosedur belajar yang ditetapkan sekolah/kampus. Meski begitu, rasa bosan kami pun ia atasi.

Bepergian keluar dibatasi. Saya sendiri hanya bepergian untuk hal-hal yang mendesak saja, misalnya berbelanja. Begitu pula dengan anggota keluarga yang lain. Setiap kali ada yang pulang dari bepergian, diwajibkan cuci tangan dahulu di kran sudut luar rumah. Kalau perlu langsung mandi. Setelah itu laporan; tadi ke mana, bertemu siapa, dan memegang apa. Kalau tidak segera lapor dipastikan ada yang akan menginterogasi.

#DiRumahAja memang membosankan. Tapi jika kita tahu masih banyak orang di luar sana yang asyik keluyuran, tidak mengindahkan anjuran pemerintah, atau merasa tak peduli betapa seriusnya wabah ini menghantui, maka #DiRumahAja memang pilihan kita yang paling mulia. Sekalipun tinggal di pedesaan, anjuran tersebut harus dipatuhi. Tidak ada jaminan bahwa orang desa lebih kebal terhadap wabah penyakit. Kita pun perlu ingat, sudah banyak dokter dan Nakes yang meninggal di tengah perjuangan menangani pasien Covid19 yang jumlahnya selalu meningkat per harinya. Ingat juga, untuk menangani kasus ini, dokter-dokter  yang sudah pensiun terpaksa diaktifkan lagi. Jadi, seperti kata mereka, "I stay at work for you, you stay at home for us!" #WargaLawanCorona

  Komentar untuk #DiRumahAja Cegah Persebaran Corona

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. BAHU MEMBAHU, PUSKESMAS BONJERUK DAN PEMDES LAWAN COVID-19

    Lalu Iskandar  di  Jonggat, Lombok Tengah  |  1 Apr 2020
  2. KARANG TARUNA BUNI BAKTI MENGGANDENG FORUM REMAJA UNTUK PENCEGAHAN COVID-19

    Ariefbocahwates  di  Babelan, Bekasi Kabupaten  |  28 Mar 2020
  3. RELAWAN APIK LAKUKAN PENGGALANGAN DANA DONASI COIN CORONA

    Abdul Hakim Sanii  di  Tarumajaya, Bekasi Kabupaten  |  27 Mar 2020
  4. Suara Siswa SMA, UN di tiadakan (?) #WargaLawanCorona

    Ranty Meyliana  di  Tolitoli  |  30 Mar 2020

Komentar Terbanyak

  1. 8
    Komentar

    Merindukan Bale Bangket Buger (MB3)

    Niya Kaniya  di  Kopang, Lombok Tengah  |  27 Mar 2020
  2. 4
    Komentar

    Suara Siswa SMA, UN di tiadakan (?) #WargaLawanCorona

    Ranty Meyliana  di  Tolitoli  |  30 Mar 2020
  3. 4
    Komentar

    BERBAGI ITU INDAH SELALU ADA HIKMAH DI BALIK MUSIBAH

    Moezza  di  Sukawangi, Bekasi Kabupaten  |  31 Mar 2020
  4. 4
    Komentar

    Belanja Dari Rumah, Ini Nomor Kontak Berbagai Pedagang Pasar Di DKI Jakarta

    Alfan Kasdar Kasdar  di  Jakarta Pusat  |  30 Mar 2020