Dinkes Ingin Puskesmas di Depok Bentuk Tim Kesehatan Reproduksi

31330 medium 27082018%282%29
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok ingin setiap Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) untuk membentuk tim kesehatan reproduksi (kespro). Langkah tersebut dilakukan sebagai upaya agar lebih maksimal dalam memberikan edukasi kepada para calon pengantin (catin).

“Tim ini mempunyai tugas pokok dan fungsi dalam melakukan pemeriksaan kesehatan serta pemahaman kepada catin sebelum menikah,” tutur Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Depok, May Haryanti usai acara Pertemuan Sinergitas Program Pelayanan Kesehatan Reproduksi Bagi Catin di aula Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Bunda Aliyah, Senin (27/08).

Dikatakan May, tim kespro nantinya terdiri dari dokter, bidan, perawat, ahli gizi, serta tenaga laboratorium. Semua elemen itu memiliki peran dalam memberikan pemahaman lebih kepada para catin.

“Tidak hanya tes kesehatan saja yang akan dilakukan Puskesmas, tetapi juga akan diberikan konseling oleh ahli gizi dan jika ada yang mengalami gangguan kesehatan akan diarahkan ke dokter,” jelasnya.

May berharap dengan adanya tim kespro setiap Puskesmas dapat memberikan wawasan kesehatan reproduksi. Selanjutnya, dapat diimplementasikan secara langsung oleh catin pasca menikah. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalkan jumlah angka kematian ibu dan bayi dengan pemahaman tentang kesehatan reproduksi.

sumber : Diskominfo Depok
foto : Diskominfo Depok
Sudah dilihat 14 kali

Komentar