Dindik Gandeng IKA UNY Diklat Pembuatan RPP

67705 medium img 20190724 wa0000

Ikatan Alumi (IKA) UNY DPD Banten yang terbentuk kepengurusannya sejak tahun 2016 konsen terhadap dunia pendidikan di Banten.
Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan adalah mengadakan pelatihan guru untuk membuat perangkat pembelajaran (prota dan prosem) serta Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

Kegiatan yang digawangi pengurus IKA UNY terdiri dari Juwartini, M.Pd. (guru SMK berprestasi tingkat Prov. Banten tahun 2012 dan 2017) dan dosen-dosen Untirta alumni UNY antara lain Moh. Fawaid, MT., Moh. Nurtanto, M.Pd., Soffan Nurhaji, M.Pd., Haris Abizar, M.Pd., Sulaeman Deni Ramdani, M.Pd., Ilham Akbar Darmawan, M.Pd., dan Yudi Guntara, M.Pd. tersebut rutin diadakan sejak tahun 2017.

Kegiatan diadakan secara roadshow ke 8 kabupaten/kota di Provinsi Banten. Untuk awal tahun pelajaran baru ini IKA UNY Banten diundang Dindikbud Banten untuk menjadi pemateri kegiatan penulisan KTI dan pengelolaan MGMP khususnya pembuatan perangkat pembelajaran dan RPP.

“Dengan perencanaan yang baik, kami yakin kualitas kegiatan belajar mengajar lebih baik. Sehingga mampu menciptakan siswa siswi yang hebat,” ujar Juwartini, M.Pd. di SMKN 1 Kota Serang saat menjadi narasumber pelatihan pembuatan RPP untuk guru SMK se-Banten, yang diadakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten, Selasa (23/7/2019).

Dikatakan Juwartini, guru dituntut untuk membuat perangkat pembelajaran (termasuk RPP). Perencanaan yang baik akan berdampak pada KBM serta kualitas belajar siswa selama dikelas. Maka dari itu, menurutnya, guru sudah harus membuat perangkat pembelajaran termasuk RPP sebelum KBM tahun ajaran baru dimulai.

“Guru itu idealnya sebelum memasuki tahun ajaran baru harus sudah mempunyai perangkat pembelajaran. Perencanaan mengajar (RPP) itu harus sudah dibuat. Jadi begitu masuk, sudah tahu perminggunya apa materi yang bakal disampaikan, sehingga ketika masuk kelas sudah dengan perencanaan yang matang,” ujarnya.

“Kalau guru mengajar tidak punya perencanaan, sama halnya dengan orang mengerjakan sesuatu tidak punya pedoman,” katanya.

M Nurtanto, yang juga berperan sebagai narasumber dari IKA UNY DPD Banten menambahkan, syarat guru bisa membuat RPP yakni mengetahui cara pembuatan program belajar (prota dan prosem). “Bila program pembelajaran sudah dibuat, maka RPP itu dapat terselesaikan,” ujar Nurtanto.

Selain aktif menyelenggarakan pelatihan tersebut, IKA UNY juga sangat konsen dalam membantu para guru untuk membuat karya tulis ilmiah. Untuk membantu para guru dalam hal menulis karya tulis ilmiah, IKA UNY saat ini sedang mendampingi 75 guru SMK dalam membuat PTK sebagai salah satu syarat kenaikan golongan. Pembimbingan ini dilakukan sampai ke tahap publikasi.


Dalam waktu dekat IKA UNY mewacanakan akan mendirikan SMK Pariwisata jurusan Tata Busana, Tata Boga, Tata Kecantikan, atau Perhotelan.“Alumni jurusan tersebut dengan berbekal ilmu yang dipelajari diharapkan dapat membuka lapangan kerja, bukan mencari pekerjaan,” kata Juwartini menutup pembicaraan. 
Sudah dilihat 26 kali

Komentar