Dilema, Gaji naik, Perusahaan hengkang

14 December 2018, 07:57 WIB
1 0 44
UMK kabupaten bekasi naik jadi Rp 4,1 juta tahun depan. Kenaikan gaji tersebut jadi dilema bagi Perusahaan yang berada di wilayah tersebut, pasalnya dari semua wilayah di Indonesia, Kabupaten Bekasi UMKnya lebih tinggi dibanding wilayah lainnya.
Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Bekasi Sutomo, katakan akhir tahun ini bakal ada Perusahaan Tekstil yang hengkang dari Bekasi .
"Di penghujung tahun ada perusahaan tekstil yang akan menjual asetnya. Karena mereka menilai upah dan produksi yang dihasilkan tidak imbang," katanya, Kamis (13/12/2018).
Melihat hengkangnya perusahaan yersebut dirasa sangat wajar sebab dalam keuntungan, tentu perusahaan punya konsekuen dalam pengupahan para pekerjanya, jika sudah dirasa pengeluaran lebih besar ketimbang pemasukan lantaran upah di wilayah tertentunyang semakin naik, tentu bukan kesalahan meninggalkan wilayah tersebut dan mencari wilayah yang masih terjangkau dengan pengeluaran yang nantinya diberikan kepada pekerja.
Dari sini mulai timbul masalah baru, yakni pengangguran. Jika beberapa Perusahaan hengkang dari Bekasi, tentunya semakin besar kemungkinan angka pengangguran menaik.
Sebelumnya diketahui jika Toshiba dan Sanyo sudah terlebih dahulu meninggalkan Bekasi, kini berlanjut Perusahaan Tekstil. Namun melihat angka UMK yang tinggi di Bekasi, beberapa Perusahaan masih bertahan untuk tetap beroprasi di wilayah tersebu.
Sedikitnya di tahun 2017 ada lima perusahaan yang terdata hengkang dari Bekasi.
"Tahun 2017 lalu sudah ada lima perusahaan tekstil yang hengkang. Sekarang ini kembali ada perusahaan yang akan hengkang," ujarnya.

  Komentar untuk Dilema, Gaji naik, Perusahaan hengkang

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!