Dicari ... !!! Pemimpin Out of the box thinking

27 June 2019, 10:01 WIB
6 0 65
Gambar untuk Dicari ... !!! Pemimpin Out of the box thinking
Tolitoli - tahapan Pilkada tahun 2020 belum lagi dimulai, calon kepala daerah bak jamur dimusim hujan, bermunculan dan menambah konstalasi politik pasca pemilu 2019.

Diakui imbas dari pemilu 2019 sangat berpengaruh untuk menentukan arah politik dibeberapa daerah di Sulawesi Tengah, tidak terkecuali Kabupaten Tolitoli.

Profil kandidat pemimpin daerah yang dikenal sebagai kota cengkeh ini beragam, mulai dari Politisi hingga Birokrat, Petahana hingga Penantang.

Antusiasme masyarakat ini, menjadi hal yang menarik dianalisis karena ekspektasi akan perubahan pembangunan dan kesejahteraan warga Tolitoli sangat krusial.

Tokoh-tokoh yang bermunculan diantaranya Abd. Rahman Hi. Budding (wabup Tolitoli saat ini), Amran Yahya (Wabup Tolitoli Periode 2010-2015), Hasan Patongai (Aleg Terpilih DPRD Sulteng), Abdul Rahman Alatas (inspektur inspektorat Kab. Tolitoli).

Sedianya, peluang masing - masing calon masih sama besar mengingat Bupati saat ini telah berkuasa selama 2 periode berturut-turut yang berarti memasuki purna jabatan.

Namun, siapapun calon terpilih nantinya, harapan untuk mendapatkan pemimpin yang berfikir out of the box sangat dinantikan.

Out of the box thinking secara harfiah adalah pemikiran yang keluar dari kotak, artinya membentuk pola fikir yang keluar dari zona nyaman, monoton, atau mainstream alias berfikir kreatif dan inovatif.

Mengapa perlu ? karena Kabupaten Tolitoli adalah termasuk kota yang awal-awal berdirinya hampir sama dengan pembentukan provinsi Sulawesi Tengah, tapi dari aspek pembangunan SDM dan pengelolaan SDA yang lambat, hal ini dapat di gambarkan berdasarkan rilis BAPPENAS Tahun 2018 yang menempatkan seluruh kecamatan di Tolitoli masuk dalam zona affirmasi.

Karena itu dibutuhkan kandidat pemimpin yang berorientasi program riil, inovatif, kreatif dan anti mainstream, yang tidak hanya mengandalkan transfer dana pusat kedaerah baik DAK, DAU maupun DBH sebagaimana yang dikeluhkan Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani yang menyebutkan tingginya ketergantungan daerah atas transfer pusat kedaerah.

Pilkada tahun 2020 adalah momentumnya, Kabupaten Tolitoli membutuhkan Pemimpin yang berfikir Out Of The Box.

foto : Mahdi Rumi (fb)

  Komentar untuk Dicari ... !!! Pemimpin Out of the box thinking

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!