Desain Rampung, Alun-alun Kota Bogor Dibangun Tahun Depan

52290 medium bima arya husnul
Oleh : Husnul Khatimah

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM--Proyek pembangunan Alun-alun Kota Bogor di Taman Topi, Jalan Kapten Muslihat bakal mulai dibangun tahun 2020 mendatang.

"Alun-alun sudah ada desainnya dibangun tahun depan," ujar Wali Kota Bogor, Bima Arya kepada ayobogor saat ditemui di Botani Square, Jumat (1/3/2019).

Menurutnya, desain alun-alun tersebut telah disampaikan kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

"Sudah dikonsultasikan dengan Pak Gubernur. Dan Pak Gubernur menyerahkan desainnya kepada Pemkot Bogor," kata Bima.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pertamanan Disperumkim Kota Bogor Agus Gunawan mengatakan wacana pembangunan Alun-alun Kota Bogor di Taman Topi dikemukakan oleh Pemprov Jabar melalui program pembangunan alun-alun.

"Taman Topi akan dibangun alun-alun dari provinsi karena itu bantuan provinsi karena provinsi ada program pembangunan alun-alun," ujar Agus beberapa waktu lalu.

Dijelaskan Agus, pembangunan alun-alun yang direncanakan, tengah dibahas oleh Pemkot Bogor bersama Pemprov Jabar. Namun sebelumnya, Pemkot Bogor telah memiliki desain Taman Topi akan disulap menjadi kawasan terintegrasi.

"Sebelum ada wacana alun-alun dari provinsi mengemuka kita sudah membuat perencanaan buat penataan yaitu memadukan antara bangunan-bangunan stasiun Bogor, Masjid Agung. Taman Topi ini sudah direncanakan sama kita dibuat sedemikian rupa sebagai tempat rekreasi tempat berkumpul," kata Agus.

Pemprov Jabar, lanjutAgus, memiliki konsep taman dengan luas 1,7 hektare tersebut dibangun menjadi alun-alun yang memiliki hamparan lapangan rumput yang luas seperti alun-alun di Yogyakarta.

"Kalau menurut mereka yang namanya alun-alun seperti lapangan terbuka seperti yang kita lihat di Jogja lapangan terbuka luas tapi diharapkan konsep yang sudah kita rencanakan diterima sama provinsi karena kita yang duluan desainnya," terangnya.

Sudah dilihat 50 kali

Komentar