Delapan Agenda Bakal Meriahkan HUT RI di Kota Bogor

30491 medium pesta rakyat bogor
BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Sedikitnya akan ada delapan agenda di Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI Ke-73 yang akan digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mulai Kamis (16/08/2018) besok sampai Jumat (17/08/2018) mendatang.

Ketua Panitia Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) Hanafi mengatakan, rangkaian HUT Kemerdekaan RI di Kota Bogor akan diawali dengan menyaksikan pidato kenegaraan Presiden yang dilaksanakan bersamaan dengan Sidang Paripurna Istimewa di Gedung DPRD Kota Bogor, Jalan Kapten Muslihat, Kamis (16/08) besok pukul 09.00 WIB.

Seusai sidang, di hari yang sama pada pukul 13.00 rangkaian HUT RI Ke-73 dilanjut dengan ramah tamah riung mumpulung di Paseban Sri Bima, Balai Kota Bogor. Dalam kegiatan riung mumpulang tersebut akan mengundang seluruh unsur. Mulai dari forum komunikasi wilayah dan daerah (Muspika dan Muspida), para perintis kemerdekaan, angkatan 45, wredatama, kauri, keluarga pahlawan dan sesepuh Kota Bogor.

“Setelah riung mumpulung, pak wali akan mengukuhkan calon paskibra, kurang lebih ada sekitar 50 orang (yang sudah diseleksi Dispora dan sudah dilatih) untuk mengibarkan duplikat bendera pusaka pada upacara di hari H,” ujarnya.

Kegiatan HUT Kemerdekaan RI Ke-73 kembali dilanjutkan, Jumat (17/08) pukul 24.00 WIB. Seluruh jajaran pemerintah, TNI, Polri dan sipil berjumlah sekitar 500 orang melakukan renungan suci di Makam Pahlawan Dreded. Renungan suci ini bentuknya upacara dan penghormatan kepada pahlawan bangsa yang telah gugur.

“Inspektur upacara di renungan suci Dandim 0606 Suryakancana Letkol Arm Doddy Suhadiman,” tuturnya.

Tidak sampai disitu, lanjut Hanafi, pagi pukul 09.00 WIB upacara puncak HUT Kemerdekaan RI Ke-73 digelar di Pusdikzi, Jalan Jenderal Sudirman dan dipimpin langsung Wali Kota Bogor. Seusai upacara, Wali Kota Bogor menuju ke Lapas Paledang untuk menyerahkan putusan SK remisi dari Kemenkumham untuk warga binaan.

“Dijadwalkan ke LP sekitar pukul jam 11 tapi ini masih tentatif, kalau tidak keburu mungkin ke LP setelah sholat jumat,” katanya.

Hanafi menambahkan, acara selanjutnya yang tentunya sangat ditunggu warga Kota Bogor yakni Pesta Rakyat akan digelar di Kampung warna-warni RW 09, Kelurahan Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor. Bentuk kegiatannya perlombaan tradisional yang akan diikuti Wali Kota, unsur muspida Asisten, Camat bersama warga sekitar.

“Ada lomba balap karung, makan kerupuk, pukul bantal, menangkap ikan, menangkap bebek, ngalun di sungai dan lomba lainnya. Setelah itu sekitar jam 5 sore dilakukan upacara gelar senja penurunan bendera,” kata Hanafi.

Editor : Dadi Haryadi

Oleh Husnul Khatimah
Sudah dilihat 33 kali

Komentar