DARI NOTHING MENJADI SOMETHING

1 March 2020, 19:25 WIB
1 0 169
Gambar untuk DARI NOTHING MENJADI SOMETHING
Bujak, 01 Maret 2020
Berawal dari iseng memungut sepotong limbah bambu yang berserakan di salah satu halaman rumah seorang pengerajin bedek di dusun Bujak Desa Bujak Kec. Batukliang Lombok Tengah, Azima yang juga salah seorang penduduk dusun tersebut mencoba membuat sebuah kerajinan tangan berupa asbak. Sambil duduk santai dan mengisap sebatang rokok azima terus menerawang dan sesekali menengadah ke atas untuk mencari inspirasi agar asbak yang dibuat bisa menjadi sebuah karya seni yang bernilai tinggi. Dari inspirasi yang diperoleh, maka terciptalah sebuah asbak cantik yang sisi-sisinya dihiasi dengan anyaman dan ukiran bambu.

Setiap orang yang kebetulan bertamu ke rumah Azima tak satupun yang tidak memberikan apresiasi terhadap asbak yang dibuatnya. Dan juga tak sedikit pula diantara mereka yang memberikan masukan untuk mengembangkan karyanya dalam bentuk alat-alat rumah tangga lain. Masukan-masukan tersebut tidak disia-siakan, dia mencoba berinovasi untuk membuat bentuk-bentuk lain dan ahirnya berkat ketekunan dan kerja keras maka terciptalah hasil kerajinan tangan berupa wadah cantik tempat perhiasan, penampan, tempat lilin, tudung saji, kap lampu, tempat tissu dan lain-lain. Barang-barang tersebut terus diproduksi dengan harpan suatu saat ada yang tertarik dan bisa dipasarkan.

Bak pepatah mengatakan kalau memang rizki, tak akan pergi kemana. Suatu ketika Azima membawa hasil karyanya dan ditawarkan ke beberapa artshop yang berlokasi di kawasan wisata senggigi Lombok Barat, dan Alahamdulillah ada seorang pemilik artshop yang tertarik dan membelinya dengan harga yang cukup lumayan. Dengan berjalannya waktu ahinya barang-barang hasil karyanya tersebut, banyak pula yang mengenalnya dan tertarik untuk memesan dalam jumlah yang lebih besar. Kali ini Azima tidak mampu bekerja sendiri untuk memenuhi pesanan yang semakain banyak, akhirnya dia mengumpulkan beberapa pemuda kampung yang belum punya pekerjaan tetap. Mereka dilatih dan dididik agar mereka mampu menghasilkan karya yang berkualitas bagus sehingga siapa saja yang memesan akan merasa puas.

Dampak dari keisengan tersebut, limbah dari kerajinan bedek yang pada awalnya hanya menjadi sampah dan kayu bakar (nothing) kini berubah menjadi sebuah kara seni yang bernilai ekonomi tinggi (something). Demikian pula para pemuda kampung yang tidak punya pekerjaan tetap kini dapat mengais rezeki melalui kerajinan tersebut dengan pengasilan yang lebih banyak ketimbang menganyam bedek. Berkat ketekunan Azima bersama beberapa pekerjanya (pemuda kampung), maka omsetnya kian lama kian bertambah sehingga dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Namun untuk meningkat kualitas dan kuantitas produksi, maka alat-alat yang menggunakan tenaga listrik seperti alat pemotong bambu, bor, dan lalin-lain sangat dibutuhkan. Oleh karena itu sangat diharapkan bantuan pemerintah untuk bantuan alat-alat tersebut. Dan yang tak kalah pentingnya adalah bantuan penerintah melalui departemen perindustrian untuk memfasilitasi pemasaran kerajinan bambu tersebut. Bantuan bisa berupa pengadaan stand pada acara-acara pameran ataupun bantuan berupa pengadaan artshop di kampung kami di Dusun Bujak, Desa Bujak Kecamatan Batukliang Lombok Tengah. (Zul).-

  Komentar untuk DARI NOTHING MENJADI SOMETHING

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Jelang Idul Fitri Semua Pusat Perbelanjaan Ditutup

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  21 May 2020
  2. Situs Untuk Membuat Kartu Ucapan Idul Fitri

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Surabaya  |  21 May 2020
  3. #yukpedulitetangga

    Eriyana Putri Nuramdani  di  Citamiang, Sukabumi Kota  |  21 May 2020

Komentar Terbanyak

  1. 4
    Komentar

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H

    Lalu Iskandar  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  23 May 2020
  2. 3
    Komentar

    Hargailah Para Pejuang Melawan Covid-19

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  23 May 2020
  3. 3
    Komentar

    Jelang Idul Fitri Semua Pusat Perbelanjaan Ditutup

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  21 May 2020
  4. 2
    Komentar

    CORONA TIDAK MENJADI PENGHALANG RUTINITAS

    WAHYU NAN HANDA  di  Praya, Lombok Tengah  |  20 May 2020