Dampak Negatif Begadang Bagi Kesehatan

61187 medium post 66760 9d2fba5e 2054 4acd 95c7 fb07c8cd238b 2019 05 14t19 40 52.367 08 00
Di era modern seperti sekarang ini begadang mungkin menjadi hal yang biasa dilakukan oleh orang yang memiliki pekerjaan yang padat atapun tugas-tugas yang tidak ada habisnya, bahkan tidak sedikit pula orang yang menghabiskan waktu seharian hanya untuk bekerja, belajar maupun melakukan hal-hal lainnya yang menyebabkan dan mengharuskan mereka mengurangi jam tidurnya.

1. Kelelahan dan menurunnya sistem kekebalan tubuh

Hal ini dikarenakan tubuh di paksa bekerja terus menerus tanpa ada jeda waktu untuk tubuh beristirahat. Dampaknya daya tahan tubuh menurun dan hal tersebut membuat tubuh rentan terhadap penyakit yang disebabkan oleh virus. Seperti flu, hepatitis, infeksi paru-paru demam dan lain-lain.

2. Insomnia

Kebiasan begadang juga dapat mempengaruhi jam tidur seseorang. Apabila suatu ketika ia harus atau ingin tidur lebih awal dari biasanya, ia akan kesulitan melakukannya. Hal ini dikarenakan tubuh telah beradaptasi dengan kebiasaan begadang selama ini.

3. Sakit kepala

Kurang tidur yang terus menerus dapat mengakibatkan rusaknya sel otak sehingga dapat menimbulkan gangguan pada kepala, seperti pusing ataupun sakit kepala. Hal ini dikarenakan otak kurang mendapatkan waktu untuk beristirahat.

4. Peningkatan berat badan

Kurang tidur juga dapat mengakibatkan terganggunya metabolisme lemak di dalam tubuh. Hal ini akan membuat rasa lapar cenderung meningkat, yang akhirnya berdampak pada bertambahnya berat badan.

Sudah dilihat 17 kali

Komentar