Dampak KARHUTLA meluas, PMI Kalteng aktifkan lagi Rumah SEHAT BEBAS ASAP

69166 medium post 73154 d84b460b ad70 4fa6 a45a b84725e431a0 2019 08 07t21 54 19.685 07 00
Jakarta, 8-8-2019; Mengantisipasi meluasnya dampak kebakaran yang saat ini terjadi di Sumatra dan Kalimantan, PMI Kalimantan Tengah mengaktifkan lagi Rumah SEHAT Bebas Asap.

Rumah SEHAT bebas yang sudah pernah dioperasikan pada kebakaran hutan dan lahan pada tahun 2017 ini di lengkapi dengan tempat tidur dengan ruangan ber AC serta tabung oksigen.

Rumah ini dapat ditempati oleh siapa saja, khususnya lansia, wanita hamil dan balita yang menderita gangguan ISPA maupun kesulitan bernafas.

PMI terus mendorong agar rumah sehat bebas asap yang saat ini ada di PMI Palangkaraya dan PMI Pontianak ini menjadi tempat favorit bagi mereka yang menderita gangguan nafas. Oleh karenanya perlu dibuat sebanyak banyaknya khususnya yang terpapar asap di kabupaten kota yang terdampak di kalimantan dan sumatra.

Data dari KemenPolHukam sebagaimana dilansir BeritaSatu menyatakan bahwa saat ini ada 18 provinsi rawan kebakaran hutan dan lahan.
Bahkan enam provinsi telah ditetapkan status siaga darurat,” jelas Wiranto di Istana Negara, Jakarta, Selasa (6/8/2019).
Keenam provinsi itu, tambah Wiranto antara lain Kalimantan Barat, Riau, Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Jambi.
Wiranto tengah berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga untuk memastikan akurasi deteksi titik api dan kecepatan petugas mengatasi karhutla. Di antaranya berkoordinasi dengan menteri terkait, kapolri, dan panglima TNI.

Selain itu Wiranto mengatakan beberapa daerah kualitas udara menurun kategori sedang, namun belum mengganggu kehidupan masyarakat. Di antaranya Pekanbaru, Palangkaraya, dan Pontianak.

 

 
Sudah dilihat 94 kali

Komentar