Dampak Berlarutnya Kasus limbah Kali Bekasi

34119 medium screenshot 20180929 082419
Pencemaran kali Bekasi masih tidak ada kepastian penindakan, sudah tidak bisa dihitung lagi berapa kali, kali Bekasi membawa limbah. Hingga hari ini Sabtu (29/9) aliran air sepanjang kali cilengsi hingga sampai ke kali Bekasi masih Bau, Buih-Buih juga masih nampak, ini menandakan masih aktifnya industri-industri di pinggiran kali membuang limbang-limbah tanpa pengolahan.
"Persoalannya ini berlarut-larut dan sudah bosen kita itu, contohnya Cileungsi kan belum ada tindakannya solusinya, jadi dari dinas terkait sampai sekarang baru sebatas pembinaan bukan penindakan. Dari KLHK meskipun mereka sudah mengantongi bukti dan daftar industri tapi baru sebatas klarifikasi," pungkas Ketua Komunitas Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas, Puarman.
Komunitas yang sudah lama selidiki kasus ini menuturkan jika sebelumnya mereka menemukan sekitar 40 warga di kawasan Curug Parigi, Bantargebang yang pusing, mual, hingga muntah-muntah lantaran efek kali yang berbau, hal serupa juga dialami warga Kabupaten Bogor yang rumahnya ada di bantaran sungai, tidak cukup sampai di situ, diketemukan beberapa pekan lalu Ribuan ikan sapu-sapu mati lantaran, sampai pula pada pengoprasian PDAM yang terganggu sampai ada yang menghentikan pengoprasiannya.
https://www.google.co.id/amp/m.merdeka.com/amp/peristiwa/limbah-cemari-sungai-berasal-dari-pdam-pemkot-bekasi.html
Diketahui dari komunitas tersebut dari 60 industri yang tersebar di bantaran Sungai Cileungsi hingga pintu air di Kali Bekasi, terdapat 14 industri diduga kuat masih membuang limbah
Sudah dilihat 55 kali

Komentar