Cisadane Meluap, Desa Tanjung Burung Tangerang Kelelep

10850 medium sungai cisadane meluap desa tanjung burung tangerang kebanjiran


Banjir melanda Desa Tanjung Burung, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Senin pagi (27/2/2017). Penyebab banjir karena meluapnya sungai Cisadane. Muhamad Guntur, warga setempat mengatakan, banjir tersebut mulai terjadi sekitar pukul 06.00 WIB pagi ini.

"Sekitar jam enam pagi tadi, air mulai naik ke badan jalan pinggir Cisadane yang tak bertanggul, kemudian karena posisi pemukiman warga lebih rendah, air mengalir juga ke pemukiman," katanya, Senin (27/2/2017). Dikatakan juga oleh Guntur, sampai dengan pukul 10.00 WIB sudah tujuh RT yang terkena dampak banjir tersebut.


"Air sudah masuk ke rumah warga yang di kampung Besing, ketinggian air rata-rata 30 sampai 50 centimeter," terangnya


Guntur menyatakan, potensi ketinggian air akibat luapan Cisadane tersebut masih bisa meninggi. Sebab, dalam beberapa hari terakhir, terjadi juga potensi pasang air laut juga pada pagi sampai sekitar pukul 16:00 WIB. Sehingga air tertahan kemudian semakin meluap ke pemukiman warga. Dengan kondisi ini, tambah Guntur, jika pintu air 10 Cisadane tetap dibuka untuk arah air yang ke muara utara Cisadane, maka banjir di Tanjung Burung akan semakin besar.

"Harus ada pengalihan aliran air tersebut menuju aliran ke arah barat daya," katanya.

Banjir seperti ini menjadi langganan warga Tanjung Burung, namun biasanya terjadi secara mendadak, tanpa ada peringatan dini maupun koordinasi dari pengelola pintu air 10 Cisadane.

"Seharusnya bisa saling mengantisapi," tambahnya
Akibat banjir tersebut, Guntur mengaku, telah mengakibatkan sekitar 6.000 kepala keluarga terdampak.
Sumber: tangerangnews.com

Komentar