Cerita Haru Aksi Relawan Saat Membantu Korban Banjir Bandang Banyuwangi

27178 medium img 20180626 wa0028
BANYUWANGI - kejadian bencana banjir bandang di Banyuwangi menyisakan berbagai cerita bagi para relawan yang bertugas. Sejumlah Relawan dikerahkan dalam merespon bencana banjir bandang di Banyuwangi. Semua dikerahkan dalam upaya melakukan upaya tanggap darurat paska terjadinya Paska Banjir bandang yang menerjang ratusan rumah terdampak banjir bandang yang melewati Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi pada Jumat (22/6/2018).

Pada saat kejadian, kondisinya saat itu menghawatirkan, dan menyisakan berbagai kesan duka yang mendalam bagi para korban dan sejumlah relawan yang bertugas. Banjir yang terjadi pada Jumat pagi hari tanggal 22 Juni 2018 tersebut, datang secara tiba-tiba dan dengan ganasnya menerjang apapun yang menghalanginya.

Dari sekian banyak cerita dari kejadian ini, ada cerita mengharukan dari salahsatu relawan PMI Banyuwangi pada saat membantu proses evakuasi salahsatu warga warga yang mengalami keterbatasan akses.

"Betul, saya mendapatkan kiriman poto yang mengharukan dari salahsatu relawan PMI banyuwangi yang bertugas disana," Ungkap Ridwan.S. Carman.Kasubdiv Tanggap Darurat dan Pemulihan PMI Pusat saat dihubungi melalui pesan singkatnya.

Dalam kiriman photo tersebut, sambung ridwan, tampak ada salahsatu relawan PMI sedang mengevakuasi salahsatu warga yang terdampak banjir. Warga tersebut mengalami keterbatasan akses jalan sehingga harus dibantu oleh sejumlah relawan PMI yang bertugas.

"Sampai saat ini sejumlah relawan PMI masih bertugas dilokasi dan membantu proses tanggap darurat disana,ada sekitar 92 personil PMI diperbantukan dilokasi," sambung Ridwan.

Saat ini, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi telah menetapkan status darurat bencana tujuh hari kedepan pasca banjir bandang yang menerjang ratusan rumah di Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi

Berbagai langkah upaya tanggap darurat dilakukan pemerintah daerah dalam merespon banjir tersebut, tanpa terkecuali bantuan dari berbagai pihak dan lembaga kemanusiaan seperti Palang Merah Indonesia (PMI).

"Penanganan darurat masih dilakukan PMI Banyuwangi paska banjir bandang ini, diantaranya, selain membantu warga melakukan pembersihan bekas material banjir, PMI Pusat sudah mendorong bantuan kedaruratan dan logsitik ke lokasi," Ungkap Kasubdiv Tanggap Darurat dan Pemulihan PMI Pusat Ridwan.S. Carman.

Hal ini dilakukan dalam upaya membantu dan mendukung pemerintah daerah dalam upaya melakukan operasi tanggap darurat bersama paska banjir bersama sejumlah pihak lainnya.

Sebelumnya, tambah ridwan, dalam upaya respon saat kejadian, PMI telah menerjunkan relawannya melakukan asesmen kaji cepat, dan bersama bergotong royong membantu menormalisasikan selokan yang tersumbat lumpur serta pembersihan rumah warga dan sejumlah fasilitas umum. Selain itu, PMI juga menerjunkan armada ambulans dan armada tangki air bersih.

"Selain mendorong bantuan perlengkapan pembersih lumpur seperti cangkul, skup dan perkakas lainya, PMI juga sudah mendorong bantuan untuk para pengungsi seperti hygienis kit, baby kit, dan sembako, dan penambahan relawan sebanyak 92 personil" Pungkas Ridwan
Sudah dilihat 71 kali

Komentar