CEGAH KENAKALAN REMAJA DARI KELUARGA MELALUI BKR

21 January 2020, 09:24 WIB
3 2 256
Gambar untuk CEGAH KENAKALAN REMAJA DARI KELUARGA MELALUI BKR
Mengintip aktivitas COE BKR Blambngan Banyuwangi, Senin 20 Januari 2020.

Sore itu menghadiri pertemuan PKK RT 01 RW 03 di kediaman warga Kader Kelurahan Heni Ansori Lingkungan Cungking Kelurahan Mojopanggung Kecamatan Giri Kabupaten Banyuwangi.

COE BKR atau Center of Excelent Bina Keluarga Remaja, memberikan sedikit uraian tentang Pendidikan Karakter. Kali ini dengan tema "Gejala dan Penyebab kenakalan remaja dan bagaimana cara mengatasi dan mencegahnya melalui pendekatan BKR."

Dalam paparannya disampaikan bahwa BKR adalah Bina Keluarga Remaja. Merupakan sebuah kelompok yang beranggotakan keluarga yang memiliki anak remaja usia 10-24 tahun dan belum menikah. BKR membantu dan membina orangtua atau keluarga yang memiliki remaja, dalam meningkatkan kesehatan reproduksinya, dalam membentuk karakternya , agar remaja dapat melalui masa transisi berpedoman pada Program Genre (Generasi Berencana) dari BKKBN.

Menurutnya, BKR itu penting, mengingat remaja adalah calon pelaku pembangunan dimana selanjutnya akan memulai kehidupan berkeluarga, menikah pada usia ideal yaitu minimal 21 untuk wanita dan 25 untuk laki laki. Kemudian menjadi pasangan suami istri , menjadi orang tua, dan melahirkan generasi berkualitas dan berkarakter. "BKR merupakan wujud upaya pemerintah pendekatan pada keluarga dalam memberikan pengetahuan dan pembinaan pada keluarga remaja dalam mempersiapkan rencana kehidupan berkeluarga dan mencetak generasi emas yang sehat dan selamat terhindar dari resiko kenakalan remaja." demikian ujarnya.

COE BKR mengajak para orang tua remaja bantu cegah kenakalan remaja dengan pendidikan karakter dari keluarga. "Orang tua BKR harus berupaya menciptakan komunikasi yang efektif antara orang tua dan remaja,." tegasnya. Remaja sebaiknya merencanakan masa depannya dengan mengisi kegiatan yang menunjang cita-cita. Orang tua membantu remaja mengarahkan waktu luangnya untuk beraktifitas dengan olahraga atau melakukan hobby, sesuai minat bakat remajanya. Orang tua remaja sebaiknya menambah upaya mempertebal landasan Religiusitas agar bertaqwa. "Dan yang terpenting untuk mencegah kenakalan remaja, orang tua sebaiknya memastikan pergaulan remajanya sehat dan positif."ungkapnya.

"Tanamkan pada remaja untuk bisa mengatakan tidak pada Pernikahan dini, Sex pra nikah dan penyalahgunaan Napza (Narkotika dan Zat adiktif lainnya)." jelasnya menambahkan kandungan arti yang tertuang pada Salam Genre. "Harapannya, melalui pendekatan BKR, keluarga mampu mencetak Generasi Emas Bangsa yang sehat, cerdas, berkualitas, berkompetensi, berkarakter, bertaqwa dan bermartabat serta selalu ceria." imbuhnya menutup paparannya.

# Salam Genre
# Nol kan Pernikahan dini, Sex pranikah, dan NAPZA
# PKK RT lingkungan Cungking Mojopanggung
# mencegah lebih baik

  2 Komentar untuk CEGAH KENAKALAN REMAJA DARI KELUARGA MELALUI BKR

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar

Other Posts

Terbaru

Berita Warga
1 jam

Cara Penggunaan Masker Kain

𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Pedurungan, Semarang Kota

Terpopuler

  1. VERIFIKASI NO HP TERDAFTAR UNTUK PROGRAM KJP PLUS DAN KJMU

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Jatinegara, Jakarta Timur  |  6 Apr 2020
  2. PENDAFTARAN DAN PENGKAITAN REKENING KJP PLUS DAN KJMU KE JAKONE MOBILE

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Cilincing, Jakarta Utara  |  6 Apr 2020
  3. Keseriusan Warga BTN Kopang dalam Pencegahan COVID - 19

    narma  di  Kopang, Lombok Tengah  |  6 Apr 2020
  4. Gotong Royong Warga Desa Sugihan Solokuro Dalam Melawan Virus Corona

    AgungDrupadi  di  Solokuro, Lamongan  |  6 Apr 2020

Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar

    FAMILY QUALITY TIME.

    Muhammad Rizal Suryadin  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  6 Apr 2020
  2. 4
    Komentar
  3. 3
    Komentar

    Cara Dapatkan Token Listrik Gratis Untuk Pelanggan Prabayar PLN 450 VA dan 900 VA

    Gibran Waluyo  di  Bandung Kabupaten  |  2 Apr 2020
  4. 3
    Komentar

    PASIEN SEMBUH COVID 19 Terus Bertambah

    Muhammad Rizal Suryadin  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  5 Apr 2020