Cegah DBD dengan Tanaman Antinyamuk

11 February 2019, 17:03 WIB
1 0 73
Gambar untuk Cegah DBD dengan Tanaman Antinyamuk
Upaya mencegah penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), bisa juga dilakukan dengan cara alami. Dengan menanam pohon antinyamuk di halaman rumah seperti lavendel (lavandula angustifolia), zodia (evodia sauveolens), dan serai (andropogon nardus) kehadiran nyamuk di rumah bisa dikurangi secara signifikan.

“Kami juga imbau masyarakat untuk bisa menanam tanaman yang tidak disukai nyamuk. Seperti pohon lavendel, zodia dan serai,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Etty Suryahati, di Balai Kota, Senin (11/02/19).

Diakuinya, tiga tanaman tersebut efektif untuk menangkal dan mencegah datangnya nyamuk. Namun demikian, untuk tanaman lavendel diakuinya butuh perawatan khusus, karena jenis tanaman ini sulit berkembang di daerah beriklim tropis.

“Yang paling mudah didapat itu tumbuhan zodia dan serai. Jadi kami sarankan untuk menanamnya di rumah masing-masing,” katanya.

Dirinya berharap, melalui upaya yang dilakukan masyarakat, bisa mencegah dan menekan angka kesakitan dari penyakit DBD. Terlebih, tanaman tersebut tidak memiliki efek berbahaya bagi kesehatan manusia.

“Jika masyarakat kompak menanam tanaman yang tidak disukai nyamuk, diharapkan ada penurunan angka DBD,” pungkasnya.

sumber: pemkotDepok
foto: pemkotDepok

  Komentar untuk Cegah DBD dengan Tanaman Antinyamuk

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!