Cegah Banjir, Kali Alam di Desa Buni Bakti Dinormalisasi

38112 medium cegah banjir kali alam dinormalisasi 780x405
Untuk mengantisipasi banjir dan akibat sedimentasi, Kali Alam yang berada di Desa Buni Bakti, Kecamatan Babelan dikeruk. Proses normalisasi tersebut dilakukan sepanjang kali dengan mengerahkan satu alat berat eskavator.

Kepala Desa Buni Bakti, Sidi Sumardi mengatakan pengerukan tersebut dilakukan karena kondisi kali alam sudah mengalami sedimentasi atau pendangkalan serta sebagai mengantisipasi banjir menghadapi musim hujan.

“Kami keruk karna sudah cukup tebal lumpurnya agar air dapat mengalir dengan lancar sehingga saat hujan bisa menampung air lebih banyak, pengerukan ini sendiri juga sudah dikerjakan sejak minggu lalu dan ditargetkan selesai pertengahan bulan ini,”katanya, Senin (5/11).

Menurutnya, nantinya dengan pengerukan yang dilakukan, kedalaman Kali Alam tersebut bisa mencapai dua meter dan dapat mampu menampung debit air.

“Kedalaman Kali Alam sekarang ini kurang lebih setengah meter, untuk itu kami lakukan pengerukan hingga kedalaman dua meter, liat aja kan lumpurnya tebal begitu belum lagi tanaman liarnya, semoga dengan dikeruknya lumpur akibat pendangkalan, air tidak meluap saat hujan deras melanda. Pasalnya akibat pendangkalan aliran air menjadi terhambat sehingga fungsinya tidak maksimal,”ucapnya.

https://radarbekasi.id/2018/11/06/cegah-banjir-kali-alam-dinormalisasi/
Sudah dilihat 94 kali

Komentar