Catatan Hasil Diskusi Bersama Forum Libu Todea Palu

28 May 2019, 06:39 WIB
3 0 56
Palu- Sabtu (25/05)), Badan perencanaan Pembangunan Daerah Kota Palu mengadakan "Diskusi Rencana dan Strategi  Pengelolaan Ruang dan Kawasan Pesisir Teluk Palu Pasca Bencana Alam" yang menghadirkan beberapa lembaga dan komunitas yang ada di kota Palu. Dengan tujuan mendiskusikan kemana arah Kota Palu pasca bencana alam. Terutama membahas tentang rencana pembangunan tanggul sepanjang teluk palu.

Kegiatan ini mendatangkan 4 orang Narasumber yaitu :
1. Drs. Arfan, M.Si (Kadis BAPPEDA Kota Palu)
2. Ir. Dharma Gunawan, M.Si (Kadis Perumahan dan Pemukiman Kota Palu)
3. Dr. Nur Sangadji (Akademisi Untad)
4. Prof. Dr. Amar, S.T, M.Eng (Guru besar perencanaan wilayah UNTAD)

Dari beberapa komunitas yang hadir khususnya komunitas peduli lingkungan memberikan statement, "solusi terbaik dan efisien selain selain pembangunan tanggul adalah penanaman mangrove di sepanjang teluk palu. Karena hal ini bisa menahan gelombang tsunami dan juga memperbaiki ekosistem laut."

Di sisi lain ada beberapa tokoh masyarakat yang hadir memberikan pandangan bahwa dengan adanya tanggul d teluk Palu ini akan memberikan nilai estetika kota dan karena akan di desain sedemikian rupa agar meminimalisir terjadinya dampak bencana tsunami yang mungkin terjadi lagi nantinya. Mengingat dana dana yang disiapkan untuk pembangunan tanggul ini berkisar sebesar 668 M.

Dalam diskusi ini juga dibahas mengenai rencana pembangunan museum di kota palu sebagai sumber informasi dan dokumentasi bencana alam yang telah terjadi. Serta adanya masukan untuk memberikan informasi mitigasi bencana yang dianggap penting untuk masyarakat yang berada didaerah zona merah baik tsunami maupun likuifaksi atau daerah patahan  sesar palu koro yang akan dimasukan ke dalam kurikulum pembelajaran.

Dari hasil diskusi dan penyampaian argument selama kegiatan akan dibicarakan dan dikaji lebih lanjut
oleh pemerintah kota palu sebelum akhirnya putusan pembangunan akan di keluarkan pada bulan september mendatang. Juga masih akan ada diskusi lanjutan yang akan menghadirkan komunitas dan lembaga yang ada di kota Palu untuk kembali duduk bersama demi membangun kota palu yang lebih baik lagi.

S3A
sumber : rumahberbagi.id

  Komentar untuk Catatan Hasil Diskusi Bersama Forum Libu Todea Palu

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!