Cari solusi permasalahan kemasyarakatan strategis melalui tindu

23989 medium img 20180417 wa0013
KEDIRI. Tindu (Tim Penanganan Terpadu) PKS (Permasalahan Kemasyarakatan Strategis) Kabupaten Kediri, mengadakan pertemuan terkait solusi dari permasalahan yang ada di wilayah Kabupaten Kediri. Pertemuan ini diikuti Pabung Kodim Kediri Mayor Inf Didik Sugeng Kurniawan, Kabid Kewaspadaan pemkab Kediri Iwan Agus Wijaya, Kabid Penanganan Komplek Pemkab Kediri Zaenal Abidin, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kediri Sigit Raharjo, serta perwakilan dari Polres Kediri dan Satpol PP Kediri, selasa (17/04/2018)

Menurut Zaenal Abidin, penanggulangan masalah kemiskinan dan penyelenggaraan kesejahteraan sosial merupakan salah satu dari strategi pembangunan daerah bahkan nasional. Karenanya, dinas terkait harus intensif menangani masalah sosial yang sering terjadi.

“Permasalahan terjadi diantaranya akibat perubahan masyarakat yang terjadi secara cepat akibat sebuah proses pembangunan yang dilaksanakan. Kondisi ini perlu mendapat perhatian melalui kegiatan konvensi, keserasian sosial dan kearifan lokal yang melibatkan tokoh masyarakat agama,” katanya.

Sementara itu, konflik horizontal menurut Iwan Agus Wijaya, perubahan tata nilai masyarakat akibat arus informasi, peningkatan kualitas dan kuantitas penyandang masalah kesejahteraan sosial, lemahnya koordinasi dan etos kerja yang masih harus ditingkatkan.

Sigit Raharjo menambahkan, masyarakat yang termasuk katagori PMKS (Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial) diantaranya, para gelandangan, pemulung, pengemis, anak terlantar, anak jalanan dan keluarga miskin.

Demikian juga, Mayor Inf Didik Sugeng Kurniawan, mengusulkan agar Pemkab Kediri lebih serius dalam menangani PMKS. Diantaranya, memberdayakan Dinas sosial sebagai leading sektor satuan kerja yang menangani PMKS ini.
Sudah dilihat 29 kali

Komentar