Cara Mudah Cegah Pikun

59834 medium f0b76160 05b6 4ce4 9cae 265ac7961eea
Jika Anda seringkali melupakan tanggal penting atau merasa sering lupa, maka segera ambil pena dan kertas lalu gambar sesuatu untuk mengingatnya.

Ya, cara ini dianggap metode terbaik untuk mengingat sesuatu dan mencegah pikun, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Consciousness and Cognition. Cara ini bahkan lebih efektif daripada menulis ulang catatan, latihan visualisasi dan melihat gambar secara pasif.

“Temuan ini sangat berharga bagi orang dewasa yang berusia lanjut dan mereka yang menderita demensia” kata Melissa Meade, seorang kandidat doktoral dalam ilmu saraf kognitif di University of Waterloo, Kanada, seperti dimuat Huffingtonpost.

Menggambar adalah tugas yang sangat sederhana, dan dapat dengan mudah diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan daya ingat. Misalnya, menggambar beberapa bahan makanan yang perlu Anda beli akan diingat lebih baik di kemudian hari daripada jika ditulis saja.

Dalam melakukan penelitian ini, Meade dan timnya merekrut 48 orang dewasa mulai dari sarjana hingga mereka yang berusia 80-an. Para peneliti lantas meminta orang-orang untuk menulis 15 kata dan menggambar secara acak yang menggambarkan 15 kata tersebut misalnya, gambar sederhana perahu untuk kata ‘kapal pesiar’.

Peneliti lalu menguji memori mereka dengan mengklasifikasikan 60 nada audio rendah, sedang atau tinggi. Setelah tugas pengisi selesai, subjek penelitian diberi waktu dua menit untuk mengingat kata-kata sebanyak mungkin dari bagian pertama percobaan.

Pada akhirnya, tua dan muda menunjukkan retensi yang lebih baik ketika mereka menggunakan gambar daripada menulis. Efek ini sangat menonjol pada orang dewasa yang lebih tua.

Meade mengatakan, menggambar memberikan memori yang lebih baik dibandingkan dengan teknik studi lain karena mewakili informasi visual, spasial, verbal, semantik dan motorik.

Penelitian lebih lanjut masih diperlukan, terutama tentang dampak temuan ini pada populasi yang menua, terutama pasien dengan demensia.

“Seiring bertambahnya usia, kemampuan untuk mempertahankan informasi baru bisa berkurang karena kerusakan struktur otak yang terlibat dalam memori, termasuk hippocampus dan lobus frontal,” kata Meade.

“Dengan penelitian ini, kami menemukan bahwa menggambar ingatan lebih efektif daripada teknik yang melibatkan berpikir tentang arti kata-kata,” kata Meade. “Itulah strategi yang sering direkomendasikan untuk membantu memori pada orang tua.” (Fit/ Dr. Sat)

Sumber: Sehatseru.id
Sudah dilihat 85 kali

Komentar