Cara Mengolah Limbah Kulit Pisang Menjadi Pupuk Organik Cair

2 0 28
Gambar untuk Cara Mengolah Limbah Kulit Pisang Menjadi Pupuk Organik Cair
Pisang merupakan salah satu buah tropis yang sangat banyak ditemukan di Indonesia. Buah ini sangat digemari oleh masyarakat karena memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut sehingga cocok dikonsumsi oleh semua kalangan. Selain enak dan berigizi tinggi pisang ini juga berkhasiat sebagi obat. Pisang sendiri tidak hanya dikonsumsi secara mentah saja. Banyak sekali berbagai kreasi makanan lain yang diolah dari pisang seperti keripik pisang, sale pisang dan lain-lain. Dengan banyaknya manfaat pisang, limbah kulit pisang ini menjadi permasalahan tersendiri. Selain menganggu pemandangan, kulit pisang yang tidak segera ditimbun atau dibuang akan memunculkan aroma yang tidak sedap yang tentunya sangat mengganggu. Oleh karena itu, sangat diperlukan cara pengolahan kulit pisang tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat, salah satunya dengan pengolahan kulit pisang menjadi pupuk organic cair.

Dengan memanfaatkan kulit pisang sebagai pupuk organic cair, dapat memberikan manfaat, yang beragam kepada para petani. Selain memanfaatkan limbah menjadi sesuatu yang bermanfaat dan memiliki nilai jual, kulit pisang juga mengandung unsur hara yang dibutuhkan tanaman seperti Fospor, Kalium dan Magnesium yang mana masing–masing unsur berfungsi untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman yang berdampak pada peningkatan produksi. Penggunaan pupuk organic cair akan membantu mengurangi terjadinya pencemaran lingkungan akibat penggunaan zat-zat kimia sehingga tanaman lebih aman dikonsumsi yang pada akhirnya akan derdampak pada kesehatan masyarakat. Marsono (2005), mengatakan penggunaan pupuk organic cair dapat mempercepat proses penggunaan pupuk, dapat mempermudah pengaplikasiannya pada tanaman sehingga apat digunakan untuk memperbaiki kondisi tanah dan mengurangi dampak negative dari bahan kimia yang berbahaya bagi lingkungan serta ramah lingkungan.

Pengolahan kulit pisang sebagai pupuk organic cair, cukup murah dan mudah dilakukan tanpa membutuhkan tempat khusus, dapat dilakukan oleh siapapun dan dimanapun, baik skala kecil/rumah tangga maupun skala besar. Seperti beberapa petani yang telah berhasil melakukan pengolahan kulit pisang menjadi pupuk organic cair dengan cara pembuatan sebagai berikut : (1) Menyiapkan bahan limbah kulit pisang 2-3 buah, air 1 liter, Gula merah yang telah dihaluskan 3 sendok makan, Decomposer untuk mempercepat proses fermentasi 1 tutup botol (5 ml) dan Alat berupa pisau untuk memotong kulit pisang dan Botol Aqua sebagai wadah penyimpanan. (2) Memotong-motong kulit pisang terebih dahulu ± 2-3 cm (lebih kecil lebih baik) dan menghancurkan gula merah. (3) Mencampurkan seluruh bahan yang telah dipersiapkan (Larutan Gula merah, Decomposer kedalam air, dan kulit pisang yang telah dipotong. (4) Aduk semua bahan lalu tutup rapat dalam botol aqua. (5) lakukan pembukaan tutup botol 1-2 menit untuk mengeluarkan gas dalam botol tersebut (6) Biarkan selama 3-4 hari. Dan hari ke 5 sudah bisa digunakan,

Pupuk organic cair kulit pisang ini bisa digunakan untuk semua tanaman dengan cara campurkan dulu pupuk organic tersebut dengan air dengan perbandingan 1:10. Artinya 1 liter Pupuk organic cair kulit pisang dan 10 liter air biasa dan diberikan ke tanaman dengan cara pemberian pupupk secara umum.

Penulis: Rahmawati Simatupang, SST (PP KELURAHAN AIR DINGIN KEC. LEMBAH SEGAR), Kementan RI

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terkait

Terbaru

Loker
2 jam lalu

Admin RZB Beef Sentul

𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Babakan Madang, Bogor Kabupaten

Terpopuler

  1. Lowongan Karyawati Staff Packing dan Admin Jakarta

    Gibran Waluyo  di  Grogol Petamburan, Jakarta Barat  |  11 Jan 2021
  2. Kurir J&T Surabaya

    Gibran Waluyo  di  Surabaya  |  13 Jan 2021
  3. Driver Cinta Quran Foundation

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Bogor Utara, Bogor Kota  |  13 Jan 2021
  4. Kurir Reguler

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Citeureup, Bogor Kabupaten  |  13 Jan 2021

Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar

    Driver Cinta Quran Foundation

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Bogor Utara, Bogor Kota  |  13 Jan 2021
  2. 3
    Komentar

    Lowongan Driver / Supir Kelapa Gading

    Gibran Waluyo  di  Kelapa Gading, Jakarta Utara  |  12 Jan 2021
  3. 2
    Komentar

    Mekanik AHASS Murni Motor

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Bogor Selatan, Bogor Kota  |  14 Jan 2021
  4. 2
    Komentar

    Kasir dan Cleaning Service Hotel Medan

    Indah Pratiwi  di  Medan Kota  |  14 Jan 2021