Cara Mencegah dan Mengobati Ruam Susu dan Bintik Kemerahan Pada Pipi Bayi

62983 medium cara mencegah dan mengobati ruam susu dan bintik kemerahan pada pipi bayi
Ruam susu atau Dermatitis Atopik biasanya akan menyebabkan bintik-bintik merah di pipi bayi Anda. Banyak anggapan salah yang menilai bahwa ruam susu disebabkan oleh ASI. Ruam susu umumnya dialami oleh bayi dengan orang tua yang memiliki riwayat alergi.

Ruam dapat terjadi pada bayi yang disusui setelah ibu mereka mengkonsumsi alergen makanan seperti telur atau ayam. Hal ini bisa berbeda untuk setiap orang. Selain itu, ruam susu juga dapat dipicu oleh polusi udara, panas, tungau debu atau kuman kecil di udara atau benda-benda di rumah seperti bantal dan selimut.

Ruam susu bisa menyebabkan gatal. Karena letaknya di pipi, ruam susu dapat menyebabkan goresan karena digaruk oleh tangan bayi Anda. Hal ini bisa memicu ruam yang melepuh pada kulit dan menyebabkan luka. Luka ini dapat membuat bakteri masuk dan menyebabkan infeksi lanjutan.

Pencegahan dan pengobatan:
1. Langkah pertama untuk menghindari ruam susu adalah menghindari pemicunya. Misalnya, jika ruam disebabkan oleh ASI, sebagai Ibu yang menyusui, Anda harus menghindari konsumsi makanan yang dapat memicu alergi.

2. Ketika bayi anda mengalami ruam susu, hindari mandi dengan air hangat karena ini dapat membuat kulit lebih kering dan karenanya lebih gatal.

3. Oleskan pelembab bayi yang lembut ke pipi untuk menjaga kulit tetap kering.

4. Jangan menyentuh pipi bayi apalgi menggaruknya. Gunakan sarung tangan pada tangan bayi untuk mencegahnya menggaruk pipinya, lebih baik lagi kalau bayi dibedong.

5.Jika ruam menyebar disertai demam, segera konsultasikan dengan dokter anak Anda.

Sudah dilihat 241 kali

Komentar