Cara Memakai Ransel yang Benar Agar Terhindar dari Sakit Punggung

30 July 2019, 15:24 WIB
2 0 87
Gambar untuk Cara Memakai Ransel yang Benar Agar Terhindar dari Sakit Punggung
Pernahkah Anda merasa nyeri pada punggung setelah memakai ransel? Hati-hati, mungkin saja cara Anda memakai tas ransel yang tidak benar sehingga menyebabkan punggung dan pundak Anda sakit. Agar rasa nyeri tidak sampai mengganggu aktivitas Anda, yuk intip dahulu cara memakai ransel yang baik dan benar.

Memakai ransel kelamaan sebabkan nyeri punggung
Dari kecil, Anda mungkin sudah diwanti-wanti untuk menggunakan ransel dengan benar atau tidak membawa barang berat di ransel dalam keadaan lama. Lantas, apa kira-kira alasannya?
Jawabannya ada pada sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa memakai ransel sembarangan bisa menyebabkan sakit punggung.

Pada penelitian yang melibatkan sekitar 5.000 siswa berusia 6-19 tahun diketahui bahwa durasi pemakaian berpengaruh terhadap nyeri punggung.

Setelah dilakukan wawancara, para peneliti menemukan setidaknya 60% pelajar yang memakai ransel menderita nyeri punggung dan pundak.

Penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa terdapat perbedaan yang cukup drastis terkait dampak pemakaian ransel, antara remaja dibandingkan anak-anak yang usianya lebih muda.

Jumlah para remaja yang mengeluhkan sakit punggung ternyata lebih banyak dibandingkan anak-anak yang umumnya membawa beban lebih banyak.

Rupanya, berdasarkan penelitian tersebut, beban pada ransel Anda terbukti tidak begitu berpengaruh pada nyeri punggung akibat memakai tas. Durasi memakai ransel yang lama-lah yang lebih berperan membuat punggung Anda sakit.

Oleh karena itulah Anda disarankan untuk meletakkan ransel yang Anda pakai apabila memungkinkan. Misalnya saat harus berdiri di angkutan umum, letakkanlah ransel Anda di bawah, di tempat yang tidak mengganggu orang lain. Hal ini bertujuan agar pundak dan punggung Anda tidak tertekan dalam waktu yang lama.

Cara memakai ransel yang benar
Bagi sebagian besar orang, mengaitkan hanya salah satu tali tas ransel ke pundah akan terlihat keren. Akan tetapi, hal itu justru akan membuat punggung Anda sakit.

Selain itu, ada beberapa tips memakai ransel yang benar agar punggung dan pundak Anda tidak nyeri, antara lain:

Selalu gunakan kedua tali ransel untuk menjaga postur tubuh Anda. Mengaitkan satu tali ransel saja, bisa membuat postur tubuh jadi buruk dan menyebabkan pundak dan punggung Anda sakit.
Menyesuaikan tali ransel sehingga setara dengan punggung dan terasa nyaman di pundak Anda. Usahakan bagian bawah ransel tidak melewati pinggang Anda. Berikan jeda setidaknya 3 cm lebih tinggi dari pinggul.
Jangan membiarkan ransel bergoyang dari satu sisi ke sisi lainnya. Hal ini bisa menyebabkan gesekan pada pundak dan punggung.
Memakai tali pinggang atau tali dada ransel jika ada. Hal ini bertujuan agar tekanan dan gesekan pada bahu dapat berkurang.
Selain cara-cara memakai ransel yang benar di atas, American Academy of Pediatrics juga mengungkapkan aturan khusus pakai ransel untuk anak-anak. Lembaga setara Ikatan Dokter Anak Indonesia ini mengatakan bahwa anak-anak seharusnya tidak membawa beban di ransel lebih dari 10-20% berat badan mereka.

Setidaknya, beban yang paling berat berkisar 2-7 kilogram dapat anak-anak bawa. Jika terlalu berat, Anda bisa mengganti ransel mereka dengan tas koper kecil yang mengurangi risiko nyeri pada punggung dan pundak.

sumber: hellosehat
foto: hellosehat

  Komentar untuk Cara Memakai Ransel yang Benar Agar Terhindar dari Sakit Punggung

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru

Berita Warga
1 jam

Cara Penggunaan Masker Kain

𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Pedurungan, Semarang Kota

Terpopuler

  1. VERIFIKASI NO HP TERDAFTAR UNTUK PROGRAM KJP PLUS DAN KJMU

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Jatinegara, Jakarta Timur  |  6 Apr 2020
  2. PENDAFTARAN DAN PENGKAITAN REKENING KJP PLUS DAN KJMU KE JAKONE MOBILE

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Cilincing, Jakarta Utara  |  6 Apr 2020
  3. Keseriusan Warga BTN Kopang dalam Pencegahan COVID - 19

    narma  di  Kopang, Lombok Tengah  |  6 Apr 2020
  4. Gotong Royong Warga Desa Sugihan Solokuro Dalam Melawan Virus Corona

    AgungDrupadi  di  Solokuro, Lamongan  |  6 Apr 2020

Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar

    FAMILY QUALITY TIME.

    Muhammad Rizal Suryadin  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  6 Apr 2020
  2. 4
    Komentar
  3. 3
    Komentar

    Cara Dapatkan Token Listrik Gratis Untuk Pelanggan Prabayar PLN 450 VA dan 900 VA

    Gibran Waluyo  di  Bandung Kabupaten  |  2 Apr 2020
  4. 3
    Komentar

    PASIEN SEMBUH COVID 19 Terus Bertambah

    Muhammad Rizal Suryadin  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  5 Apr 2020