Cara Budidaya Jeruk Nipis Di Kebun Dan Di Dalam Pot Yang Menguntungkan

38735 medium post 46409 15c61240 5529 46e9 b829 1accd73c7fce 2018 11 13t01 07 55.777 07 00 38736 medium post 46409 9fe8828c 3c6c 48d9 b9ff 7eca96575526 2018 11 13t01 07 56.041 07 00 38737 medium post 46409 abf85e2a 7e8c 4c6e 97d7 ba59ea49a257 2018 11 13t01 07 56.283 07 00 38738 medium post 46409 1803a46f 5304 4404 b4be 3d60ef6fbbf5 2018 11 13t01 07 56.483 07 00
Banyak orang yang sudah mengenal buah jeruk nipis, kulitnya yang bertekstur halus dan berwarna hijau kalau sebuah agak tua bisa berwarna kuning. Buah yang rasanya asam, sangat berguna bagi manusia. Selain bisa di bikin minuman, dan bumbu dapur, buah ini sangat berguna untuk kecantikan dan banyak khasiat untuk di bidang kesehatan.

Menilik kegunaannya, maka banyak orang yang ingin membudidayakannya, Cara budidaya – menanam jeruk nipis yang baik jeruk nipis termasuk buah yang mudah untuk ditanam. Karena peluang untuk usaha sangat besar maka sebagian orang menjadikan buah jeruk nipis ini sebagai peluang bisnis yang sangat menjanjikan
Walaupun cara menanam jeruk nipis tidak sulit, Cara Budidaya Jeruk Nipis namun tidak berarti bahwa tanaman buah jeruk nipis ini bisa tumbuh baik apabila asal tanam saja. Namun ada tips yang harus dilakukan supaya jeruk nipis dapat menghasilkan buah dengan kualitas yang baik dan sesuai keinginan. Jeruk nipis, bisa ditanam di dataran tinggi maupun rendah.
Syarat utama yang harus dipenuhi adalah suhu yang tidak terlalu panas atau dingin, namun dalam kondisi air yang cukup. Penanamannyapun bisa dilakukan di tanah misalnya pekarangan rumah, di kebun ataupun di tegalan/ sawah, dan bisa ditanam di dalam pot.

Cara Menanam Jeruk Nipis: dari Pembibitan

Dalam pembibitan tanaman buah jeruk nipis ataupun cara pembudidayaan jeruk nipis mempunyai 3 cara yaitu dengan vegatatif, generatif. Cara menanam jeruk nipis dalam pot (generatif).

Pembibitan dengan cara vegetatif dengan cara mencangkok cabang atau ranting yang mempunyai umur tidak terlalu tua juga jangan terlalu muda paling tidak yang berumur satu tahun. Cara budidaya jeruk nipis dengan cangkok agar cepat berbuah lebat dan menguntungkan.

Kuliti bagian cabang atau ranting sekitar 5 – 10 cm dan kemudian bersihkan kandungan kerat kambiumnya. Diamkan /anginkan selama 1 hari penuh ( 1 x 24 jam). Bagian yang dikuliti di tutup dengan tanah humus sambil dibungkus memakai sabut kelapa.

Ikatlah kuat bungkusan itu seperti membungkus permen kedua ujungnya ditalikan dengan kuat. Hal ini supaya kelembaban udara tetap terjamin maka siramlah setiap hari. Kemudian tunggu hingga akar mulai tampak pada cangkokan.

Apabila akar pada cangkokan sudah terlihat banyak maka potong cabang atau ranting tersebut dan tanam di pot atau di lahan tanam. Dengan komposisi tanah humus dan ideal
Serta diberi penyangga misalnya pohon kecil atau bambu agar tidak roboh ketika ditiup angin kencang. Pembibitan dengan model seperti ini sebaiknya dilakukan di area yang terbuka yang cukup pencahayaan sinar matahari agar proses fotosintesis dapat berjalan dengan lancar dengan demikian dapat merangsang pertumbuhan tanaman buah jeruk nipis.

Menanam jeruk nipis dengan cara seperti ini kelebihannya adalah tanaman akan lebih cepat berbuah, tetapi mempunyai batang yang rapuh dan lebih rentan terserang hama dan penyakit.

Berikut ini adalah teknik menanam buah jeruk nipis yang dapat di coba di rumah :

Cara budidaya jeruk nipis di kebun dan di dalam pot yang menguntungkan
Belilah bibit jeruk nipis dari penjual bibit tanaman, atau bagi yang ingin mempunyai bibit sendiri, praktekkan dengan cara pembibitan vegetatif yang biasa dipakai untuk mengembangbiakkan tanaman jeruk nipis.

Kemudian galilah lubang 1X1 m sedalam sekitar satu meter di tanah /dikebun untuk menanam bibit jeruk nipis; jarak antar tanam yang baik adalah tiga hingga empat meter diantara satu pohon dengan pohon lainnya.

Biarkanlah lubang tersebut terbuka sepanjang 1 sampai 2 pekan untuk memenuhi unsur hara di tanah. Kemudian masukkan pasir sedalam 10-20 centi meter yang berguna untuk mempercepat perkembangan akar.

Setelah itu masukkan tanah yang sudah dicampur dengan pupuk, dan di selingi dengan jerami yang berguna untuk memudahkan tumbuhnya akar.

Cara budidaya jeruk nipis di kebun dan di dalam pot yang menguntungkan dan
Cara penanaman yang baik yaitu dengan memasukkan bibit jeruk nipis dengan memotong sedikit akar tunggal, yang kemudian di tutup dengan tanah. Tumpukan tanah ini harus lebih tinggi dari batas permukaan tanah galian.

Siramlah tanaman dengan air secukupnya, dan kemudian buatlah saluran air atau parit mengelilingi pohon, berjarak kira-kira satu meter, yang berfungsi untuk pengairan lebih lanjut.
Perawatan Jeruk Nipis

Cara budidaya jeruk nipis di kebun dan di dalam pot yang menguntungkan dan
Apabila proses penanaman selesai, maka berikutnya adalah perawatan. Perawatan dan pemeliharaan jeruk nipis supaya berkembang dengan baik dan sehat sampai menghasilkan buah yang besar dan baik ini, meliputi : pengairan, pemupukan rutin, perawatan ranting-ranting pohon, dan pemotongan ranting yang tidak berguna.

Semua itu harus dilakukan secara rutin dan teratur. Penyiraman dilakukan dua hari sekali pada bibit yang baru saja di tanam. Apabila tanaman sudah tumbuh dengan baik, maka penyiraman hanya dilakukan dua atau tiga hari sekali. Dan Penyiraman dilakukan di sekitar pohon, bukan pada batang pohonnya.
Pemupukan jeruk nipis.

Cara budidaya jeruk nipis di kebun dan di dalam pot yang menguntungkan tidak lepas dari Pemupukan pertama dilakukan ketika tanaman berumur 5 bulan. Kemudian pemupukan berikutnya dilakukan sekali di setiap 3-4 bulan berikutnya. Pupuk yang digunakan meliputi TSP, KCL, dan urea, juga pupuk kandang / kompos juga bisa diberikan. Setelah dilakukan pemupukan, perawatan lainnya adalah pada ranting dan batang pohon jeruk nipis.

Harus dipastikan bahwa batang pohon jeruk bagian bawah harus bersih dari serangga, virus, dan hama pengganggu lainnya. Cara budidaya jeruk nipis di kebun dan di dalam pot yang menguntungkan, Hal Ini berfungsi supaya tanaman jeruk terbebas dari penyakit yang yang bisa menyebabkan matinya pohon. Selain itu untuk ranting pohon jeruk nipis, harus dilakukan pemotongan ranting yang tidak menghasilkan/produktif secara rutin/ secara berkala.
Selain di tanam di kebun, pohon jeruk nipis, juga bisa di budidayakan di dalam pot.

Cara Menanam Jeruk Nipis dalam Pot – Tabulampot Jeruk Nipis. Pilihlah Bibit Jeruk Nipis untuk diisikan di dalam pot (Tabulampot). Lebih bagus memilih bibit jeruk nipis dari okulasi. Karena pertumbuhan jeruk nipis dari okulasi akan lebih cepat juga akan cepat berbuah. Bibit jeruk nipis di pasaran lebih murah, hanya sekitar 25.000 s/d 35.000. Cukup murah bukan ?

Cara menanam Bibit Jeruk Nipis dari Polibag ke dalam Pot.

Siapkan pot dengan diameter 20—40 cm yang digunakan untuk bibit berukuran kecil dan pot yang berdiameter 50—60 cm digunakan bibit yang berukuran besar.
Masukkan pecahan genting/ pecahan batu bata merah ke dalam dasar pot. Kemudian Lapisi di atasnya dengan humus.
Masukkan media tanam hingga mencapai ketinggian separoh dari tinggi pot. Media tanam yang bagus digunakan adalah berupa campuran tanah, sekam, serta humus bambu dengan perbandingan (1 : 1 : 1); atau bisa juga media tanam dengan campuran antara tanah, pasir, dan pupuk kandang dengan perbandingan(1 : 1 : 1); bisa juga campuran tanah, pupuk kandang, dan serbuk gergaji dengan perbandingan (2 : 1 : 1).
Kemudian Siramlah media tanam bibit tersebut sampai basah. Setelah itu balikkanlah posisi polibag dan ditepuk-tepuk bagian dasar polibag supaya bibit keluar bersamaan dengan media tanam beserta perakarannya.
Pangkas cabang, ranting, dan daun yang tidak produktif/tidak perlu. Maksudnya supaya mengurangi penguapan.
Letakkanlah bibit di tengah-tengah pot dengan tegak. Setelah itu Timbun dengan sisa media tanam hingga mencapai ketinggian kira-kira 2 cm dari bibir pot.
Siramlah media tanam hingga basah. Kemudian Letakkan tabulampot jeruk nipis di tempat yang terbuka yang bisa terkena sinar matahari langsung. Apabila mempunyai lebih dari satu tanaman buah jeruk nipis, maka letakkan tanaman secara berjajar dengan jarak antar pot 2X2 meter.

Cara Perawatan tabulampot Jeruk Nipis :

Penyiraman
Menyiram tanaman jeruk nipis dilakukan 2-3 hari sekali dengan cara menyiram disekeliling tanaman, jangan di bagian batang pohonnya.
Pemupukan, Pemupukan sam dengan yang ditanam di kebun, dilakukan saat pohon berumur di atas 5 bulan. Kemudian dilakukan pemupukan setiap 3-4 bulan. Pupuk yang digunakan meliputi : Urea, KCl, dan TSP dengan perbandingan 2 : 2 : 1. Taburkan juga 2 sendok makan pupuk di sekitar pot dengan kedalaman 10 cm.
Cara budidaya jeruk nipis di kebun dan di dalam pot yang menguntungkan
Apabila tanaman jeruk nipis sudah mulai berbunga, maka berikan pupuk NPK dengan perbandingan 15–15–15 dengan dosis 1 sendok makan per tanaman. Lebih bagus sebelum diberikan, pupuk harus dilarutkan dalam 1 liter air. Pupuk NPK juga dapat diberikan melalui membenamkannya sedalam 10 cm di sekitar area media pot.

Pemangkasan
Pemangkasan dengan melakukan pemotongan dahan yang menjulur ke atas dengan tujuan meremajakan ranting juga mengatur keseimbangan nitrat serta karbohidrat tanaman jeruk nipis, agar menjadi lebih cepat berbuah.
Mempercepat Pembungaan Jeruk Nipis
Munculnya bunga dapat dipercepat dengan dilakukannya stresing air. Dengan cara, tanaman tidak boleh disiram selama tujuh hari. Kemudian siram dengan air sedikit demi sedikit selama tiga hari, kemudian keringkan lagi/tidak disiram selama seminggu.
Begitu terus menerus. Perlakuan seperti ini dilakukan 4—6 minggu berturut-turut. Apabila diperlukan tambahkan pupuk TSP Kira-kira sebanyak 50 gram per pot dan zat pengatur tumbuh yaitu pupuk ZPT misalnya seperti Atonik, Cultar, Hobsanol sesuai dengan dosis di anjurannya.

Seleksi Buah Jeruk Nipis
Perlu juga mengatur pembuahan. Buah yang pertama yang akan tumbuh Harus dibuang. Hal ini bertujuan untuk merangsang tunas-tunas yang produktif dan waktu pembungaan kemudian akan menjadi lebih dekat.
Buah yang muncul yang berdekatan harus diseleksi. Dengan tujuan supaya pertumbuhan buah jadi lebih maksimal. Dalam satu tangkai, sisakan 1—3 buah saja. Hal ini dilakukan saat buah masih seukuran kelereng.

Demikian tadi sekilas informasi tentang cara budidaya jeruk nipis di kebun dan di dalam pot yang menguntungkan.
Sudah dilihat 64 kali

Komentar