Cara Agar Siswa Memiliki Sikap Mandiri Dalam Belajar

61158 medium post 66728 3332a9c5 c39e 4b88 9a8b c6b803fae4e4 2019 05 14t13 47 04.351 08 00
Kemandirian belajar menjadi salah satu persoalan penting dihadapi oleh sebagian siswa. Berbagai strategi dan metode pembelajaran yang diterapkan guru belum mampu mendongkrak sikap dan tindakan siswa menajdi lebih mandiri dalam belajar.

Sikap mandiri tidak tumbuh dengan sendirinya. Kemandirian belajar perlu dipelajari dan dilatihkan oleh setiap siswa. Siswa yang memiliki kemandirian akan berusaha untuk memahami dan mengerjakan atau menyelesaikan persoalan belajar dari diri sendiri terlebih dulu.

Bagaimana cara agar siswa memiliki sikap mandiri dalam belajar? Berikut adalah caranya.

1. Sikap dan pemikiran ikhlas

Biasakan menerima setiap persoalan belajar dengan sikap dan pemikiran yang ikhlas. Belajar pasti membutuhkan pemikiran dan diikuti dengan mengerjakan tugas-tugas belajar dari guru, baik di sekolah maupun untuk dikerjakan di rumah.

2. Pasti ada solusinya

Persoalan belajar pasti ada solusinya. Pikirkan bahwa setiap persoalan belajar pasti ada jalan keluarnya atau penyelesaiannya. Setiap tugas atau latihan yang diberikan guru pasti sudah ada jawabannya. Siswa hanya mencari dimana dan bagaimana cara menyelesaikan soal atau tugas tersebut.

3. Tekun dan giat mengerjakan tugas

Jangan mudah menyerah dengan pekerjaan atau tugas yang diberikan oleh guru. Setiap tugas belajar dari guru akan melatih kemampuan siswa untuk lebih terampil memecahkan soal-soal pelajaran.

4. Membaca dan latihan

Memperbanyak waktu membaca buku bahan/sumber belajar serta latihan yang memadai merupakan cara yang tak dapat ditawar-tawar.9 Dengan banyak membaca serta diikuti dengan latihan yang memadai akan memudahkan siswa dalam menyelesaikan persoalan dalam belajar.

5. Aktif dan kreatif

Berusahalah untuk aktif dan kreatif selama pembelajaran berlangsung. Sering bertanya maupun menjawab pertanyaan selama belajar menjadi indikasi keaktifan dan kreativitas siswa selama belajar.


Sudah dilihat 67 kali

Komentar