Bus Sekolah Layani Rute Berbeda Setiap Hari

26 January 2019, 6:30
0 0 62
Gambar untuk Bus Sekolah Layani Rute Berbeda Setiap Hari
Oleh Husnul Khotimah

BOGOR UTARA, AYOBOGOR.COM--Bus Sekolah Kota Bogor yang merupakan janji kampanye Wali Kota Bogor, Bima Arya bersama Wakil Wali Kota Bogor, Usmar Hariman akhirnya mulai mengaspal hari ini, Jumat (25/1/2019).

Pada hari pertama pengoperasian, rute perdana yang dilintasi bus sekolah antara lain Jalan Raya Semplak, Jalan Semeru, Jalan Merdeka, Jalan Gunung Batu, Bubulak, Jalan Cifor dan berakhir di SMP Negeri 14 Kota Bogor.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bogor, Rakhmawati mengatakan setiap harinya Bus Sekolah tersebut akan berganti rute.

“Senin, melintasi Katulampa-Bantarjati-Lippo Keboen Raya. Selasa di Salabenda-Solis-Dadali. Rabu di Tajur (Unitex)-Bondongan-Djuanda. Kamis, Ciparigi-KS Tubun-Sukasari. Jumat Semplak (ATS)-Merdeka-Situ Gede. Pemberhentiannya di titik-titik halte,” ujar Rakhma.

Menurutnya, bus sekolah mulai beroperasi pukul 06.00 WIB-07.00 WIB untuk keberangkatan dan penjemputan mulai dari jam 14.00 WIB-15.00 WIB.

“Sementara baru ada dua unit bus dengan kapasitas 40 dan 15 penumpang. Ke depan, kita bisa memperbanyak bus sekolah dengan skema bisa bekerja sama dengan angkutan umum terkait, bantuan pusat dan provinsi,” terang Rahma.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat menyatakan tujuan diluncurkannya bus sekolah ini selain mengurangi kemacetan juga untuk membantu pelajar kurang mampu.

"Tujuannya, bus sekolah gratis ini ingin memberikan hak kepada siswa yang kurang mampu dari sisi ekonomi untuk mendapatkan pendidikan yang benar. Jangan sampai telat, capek berlebihan karena tidak punya ongkos. Kita ingin mereka fokus belajar,” ungkap Ade Sarip.

Ade mengakui, bus sekolah yang tersedia saat ini masih belum bisa mengakomodir seluruh siswa kurang mampu dari sekitar 400 SMP dan SMA/SMK yang ada di Kota Bogor.

"Bicara siswa yang kurang mampu itu masih banyak. Oleh karena itu, semoga ikhtiar ini menjadi awal yang baik. Kita upayakan di anggaran tahun berikutnya untuk menambah jumlah ini,” tegasnya. Editor: Andri Ridwan Fauzi

  Komentar untuk Bus Sekolah Layani Rute Berbeda Setiap Hari

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!