Buruh Tandur Pari

11 January 2019, 10:45 WIB
2 0 503
Gambar untuk Buruh Tandur Pari
Musim tanam padi di Desa Kebonharjo Kecamatan Samigaluh telah dimulai. Terutama karena kawasan tersebut berada pada lereng dan bukit menoreh Kulon Progo utara. Sehingga awal musim tanam dilakukan agak terlambat sedikit dibandingkan dari daerah lain. Misalnya daerah dataran rendah (ngare). Hal itu tentu berbeda karena pasokan air yang berbeda. Sedangkan di pegunungan menoreh terutama di Dusun Kaliduren Kebonharjo. Ada areal sawah yang akan menunggu tersediannya air tadah hujan. Atau menunggu debit air sungai sebagai sumber irigasi sawah telah mencukupi.

Menurut Sri Johar (50) warga dusun Kaliduren. Musim tanam padi kali ini merupakan berkah bagi sekelompok warga setempat yang memiliki profesi sampingan sebagai juru jasa buruh tandur pari.

Untuk mendapatkan penghasilan tambahan, kebanyakan jasa tukang tanam padi / buruh tandur pari dilakukan oleh wanita, karena dalam menanam padi dibutuhkan ketelatenan. Sedangkan kita ketahui bahwa untuk kawasan sawah atau jumlah sawah di Kebonharjo secara umum telah berkurang banyak. Alih lahan dari sawah menjadi lahan kering yang ditanami tanaman palawija dan tanaman keras banyak dilakukan para petani karena alasan nilai ekonomis.

Mereka bekerja menanam padi secara borongan atau harian lepas di bawah koordinasi salah satu orang yang menjadi koordinator.

Nilai upah yang mereka peroleh biasanya hanya beberapa puluh ribu saja, dimana nantinya upah ini akan dibagi dengan anggota lainnya. Buruh tandur tersebut biasanya melakukan profesinya dengan cara grumpungan. Artinya dilakukan oleh banyak orang dan mereka melakukan dari satu lokasi pindah ke lokasi lain menurut kebutuhan permintaan tempat.

Sejumlah buruh tanam padi mengaku, selain menanam padi, mereka juga sebagai buruh panen padi pada saat musim panen tiba nantinya. Sehingga jangan ada kesan bahwa karena profesi sampingan ini kami selalu dikonotasikan dengan lagu jawa. Tak tandur pari jebul tukule palah suket teki.

Karena lokasi sawah berada didekat sungai. Maka setiap kali istirahat para buruh tandur selalu beristirahat di tepi sungai. Sekaligus menikmati bekal yang dibawa dari rumah. Tidak terkecuali para buruh tandur pari dari Dusun Kaliduren ini mereka tengah beristitahat siang ditepi sungai. Sambil sesekali bercanda untuk menghilangkan kejenuhan dan rasa capek lelah mereka. Dan menikmati pemandangan alam sekitar sungai kali krasak.


#desakebonharjo

  Komentar untuk Buruh Tandur Pari

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!