Bursa Hewan Kurban, Pusat Hewan Kurban Sehat di Bogor

69113 medium img 20190806 wa0013
Pusat Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Puslitbangnak) bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bogor mengadakan Bursa Hewan Kurban (BHK) di Lapangan Puslitbangnak, Selasa (6/8/2019).

Setidaknya sebanyak 14 peternak sapi ikut ambil bagian dalam BHK ini. Mereka antara lain peternak asal Bogor, Cianjur, Sukabumi hingga peternak asal Jawa Tengah.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim mengatakan, selain memfasilitasi masyarakat mendapat hewan kurban, BHK juga merupakan langkah agar pedagang hewan kurban tidak banyak bertebaran di sisi-sisi kota.

"Yang dulu-dulu mungkin tersebar memanfaatkan badan jalan atau trotoar, dengan adanya Bursa Hewan Kurban ini kan bisa tersentralisasi. Tidak dimana-mana, tertib kan, penjual atau pembeli bisa ketemu di sini," ujar Dedie.

Selain itu, sambungnya, BHK diadakan juga untuk memastikan hewan kurban yang didapatkan oleh warga Bogor merupakan hewan yang sehat dan telah diperiksa oleh dokter hewan.

"Semua hewan yang dikurban ini melalui proses pemeriksaan dokter hewan. Ada beberapa jenis penyakit yang tidak ditolerir cacing hati, penyakit mulut dan kuku. Dengan proses ini, yang loloskan dikasih kalung dan boleh dijual," katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Litbang Pertanian Jakarta, Fadjry Djufry mengatakan, sebanyak 130 dokter hewan dikerahkan untuk memastikan kesehatn hewan kurban diacara ini termasuk para dokter ini juga akan memeriksa hewan kurban dipinggir jalan jika ditemukan.

"Ini semua gratis, tidak ada biaya. Ini adalah tugas untuk melayani masyarakat agar hewan yang dijual untuk di kurbankan aman dan sehat. Kita juga akan keliling untuk membantu masyarakat di Kota Bogor, meyakinkan hewan yang disembelih itu nanti, sehat dan terpenuhi sesuai syariat islam," tukasnya.

---------
Sumber: AyoBogor.com
Penulis: Husnul Khatimah
Editor : Ananda Muhammad Firdaus
Sudah dilihat 14 kali

Komentar