BUPATI SAMPAIKAN PIDATO PADA RAPAT PARIPURNA DPRD DALAM RANGKA HUTDA KE 59 KABUPATEN TOLITOLI

10 December 2019, 15:30 WIB
2 0 86
Gambar untuk BUPATI SAMPAIKAN PIDATO PADA RAPAT PARIPURNA DPRD DALAM RANGKA HUTDA KE 59 KABUPATEN TOLITOLI
Menyambut Hari Ulang Tahun Daerah ke 59 Kabupaten Tolitoli tahun 2019 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tolitoli menyelenggarakan Rapat Paripurna dalam rangka penyampaian Pidato Bupati Tolitoli Hi. Moh. Saleh Bantilan, SH.,MH pada selasa pagi (10/11) di ruang Sidang Suwot Lipakat DPRD Tolitoli.
Saat membuka rapat paripurna tersebut, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Tolitoli Jemmy Yusuf mengatakan bahwa budaya lokal masyarakat Kabupaten Tolitoli yang masih eksis hingga saat ini, merupakan warisan leluhur mempunyai nilai filosofi kehidupan sebagai pemandu kita dalam berfikir, berbicara dan bertindak terhadap sesama dan segenap mahluk ciptaan Allah SWT dan diyakini bahwa budaya lokal mencakup sikap dan perilaku yang berdasarkan pada prinsip-prinsip keagamaan, nilai budaya, pekerti dan kearifan lokal yang senantiasa diupayakan untuk dapat terimplementasikan dalam sikap hidup bermasyarakat sehari-hari.

Bupati Tolitoli Hi. Moh. Saleh Bantilan, SH.,MH saat menyampaikan pidatonya mengatakan, Hari Ulang Tahun Daerah Kabupaten Tolitoli, selain merupakan peringatan tonggak sejarah untuk mengenang jasa para pejuang pendahulu, juga sekaligus dijadikan sebagai momentum untuk melakukan refleksi dan evaluasi. Refleksi diperlukan sebagai gambaran atau cerminan untuk melihat kembali proses yang telah dijalani sekaligus dapat menarik pembelajaran ke arah yang lebih baik ke depan. Evaluasi diperlukan untuk mengukur seberapa jauh capaian kinerja yang menjadi tanggungjawab kita bersama.

Bupati mengungkapkan, sampai dengan usia yang ke 59 tahun ini, pembenahan yang dilakukan di berbagai bidang telah menunjukkan hasil di antaranya berupa peningkatan kinerja ekonomi daerah. Pertumbuhan ekonomi daerah pada tahun 2018 meningkat menjadi sebesar 5.36 %. Dalam memacu pertumbuhan ekonomi daerah tersebut jelas Bupati, Pemerintah Daerah akan tetap mendorong kebijakan pengelolaan potensi perikanan, pertanian, perkebunan dan pariwisata.

Bupati juga mengingatkan, bahwa salah satu tugas berat adalah pengentasan kemiskinan. Pada indikator kemiskinan terjadi penongkatan pada tahun 2018 menjadi sebesar 31.790 jiwa atau sebesar 13.66% dari jumlah penduduk Kabupaten Tolitoli secara keseluruhan. Penyebabnya adalah terjadinya kenaikan harga-harga barang kebutuhan pokok dan turunnya harga komoditi perkebunan sebagai bagian dari pendapatan masyarakat, sehingga daya beli masyarakat menurun dan jumlah barang yang dikonsumsi juga menurun, akibatnya lebih banyak masyarakat yang jumlah konsumsi kalorinya berada dibawah batas garis kemiskinan. Oleh sebab itu, strategi yang akan dilakukan di antaranya melakukan pemetaan penduduk dan wilayah miskin berdasarkan basis data terpadu, meningkatkan sarana dan prasarana yang memadai di perdesaan terutama desa tertinggal dan terisolasi, meningkatkan pembinaan manajemen terhadap usaha industri kecil dan industri rumah tangga, meningkatkan perluasan lapangan kerja produktif, meningkatkan pelayanan dasar berupa pendidikan dan kesehatan bagi masyarakat, meningkatkan sosialisasi dan mobilisasi dalam pencegahan penyaki HIV / AIDS, malaria dan penyakit lainnya, serta meningkatkan upaya perilaku hidup sehat pada masyarakat terutama di pedesaan, baik dari segi penggunaan sanitasi maupun penggunaan air bersih. Diakhir sambutannya Bupati Tolitoli mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tolitoli untuk selalu menjaga optimisme, saling berbagi, berani membuat terobosan dan selalu mengejar prestasi secara bergotong royong.
Rapat Paripurna itu, dihadiri Wakil Bupati Tolitoli ke-4, Amran Hi. Yahya, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Sekretaris Daerah Drs. Hi. Mukaddis Syamsuddin, M.Si, Para Asisten dan Staf Ahli Bupati, Pimpinan Perangkat Daerah, Ketua Dewan Adat Tolitoli Drs. Hi. Ibrahim Saudah, tokoh-tokoh adat Dondo dan Adat Dampal serta sejumlah wartawan.

Reporter : *ASRIATI RAMLAN*
Foto : *DATRA HASAN, S.Pd*
(Tim Liputan Bagian Humas dan Protokol Setdakab Tolitoli)

  Komentar untuk BUPATI SAMPAIKAN PIDATO PADA RAPAT PARIPURNA DPRD DALAM RANGKA HUTDA KE 59 KABUPATEN TOLITOLI

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!

Related Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Penimbunan Lokasi Smelter PT. GNI Diduga Tidak Memiliki IUP

    Sandy Makal  di  Morowali Utara  |  24 Jan 2020
  2. Dugaan Pencemaran Nama Baik, Hendly Tempuh Jalur Hukum

    Sandy Makal  di  Palu Kota  |  15 Jan 2020
  3. MAKSIMALKAN ATMAGO SEBAGAI UPAYA KESIAPSIAGAAN BENCANA

    Agus Basuki RAPI  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  16 Jan 2020
  4. SAMPAH BAGAIKAN KELUARGA

    Konco Longok  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  16 Jan 2020

Komentar Terbanyak

  1. 11
    Komentar

    MAKSIMALKAN ATMAGO SEBAGAI UPAYA KESIAPSIAGAAN BENCANA

    Agus Basuki RAPI  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  16 Jan 2020
  2. 9
    Komentar

    PENGENDANG BANYUWANGI (FATWA AMIRULLAH)

    fatwa amirullah kendang  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  17 Jan 2020
  3. 5
    Komentar

    SAMPAH BAGAIKAN KELUARGA

    Konco Longok  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  16 Jan 2020
  4. 5
    Komentar

    BPBD BANYUWANGI SIAGA BENCANA(diklat pmi)

    Hendika Londho  di  Banyuwangi, Banyuwangi  |  17 Jan 2020