Bukan Sulap Bukan Sihir! Ini Penjelasan Ilmiah Rahasia Menggoreng Pisang Dengan Tangan Kosong

40685 medium post 47968 147058b4 5a68 47dc a41e d5a4fcf811ae 2018 11 25t17 43 03.574 07 00
Assalamualaikum Atmaguys, Semoga kalian semua tetap dalam keadaan sehat ya. Hmmm, hari minggu sore yang mendung seperti ini enaknya sih ngemil pisang goreng, betul gak? Apalagi kalau masih hangat dan ditemani secangkir teh atau kopi.
Atmaguys ingat gak beberapa waktu yang lalu sempat viral di media sosial seorang ibu penjual pisang goreng, dengan kesadaran penuh dan tanpa basa basi mencelupkan tangannya kedalam minyak panas dan membalik si pisang goreng dalam wajan dengan tangan kosong? Dan setelahnya pun tangan si penjual yang bernama Ta Nou, asal Gorontalo ini pun tak mengalami luka melepuh atau terbakar sama sekali! Wah, serem gak sih?
Memang kita yang melihatnya pasti akan merasakan kengerian yang cukup hebat ya. Padahal ibu Ta Nou sama sekali tak menunjukkan ekspresi kepanasan atau kesakitan. Jangankan celupin tangan ke minyak panas, kecipratan minyak waktu goreng telur ceplok aja udh takut, betul gak?. Tapi jangan heran jangan bingung nih Atmaguys. Ternyata itu semua bukanlah trik sihir apalagi menggunakan ilmu hitam (ups). Semua yang dilakukan ibu Ta Nou bisa dijelaskan dalam Ilmu Sains. Nih begini penjelasannya, simak baik baik ya.
Aksi ibu Ta Nou asal Gorontalo mencelupkan tangan ke dalam minyak panas tanpa merasakan sakit dalam dunia sains disebut dengan "Leiden Frost Effect". Efek Leidenfrost memungkinkan orang untuk menenggelamkan tangan mereka dalam cairan sangat panas tanpa efek sakit.
Seorang Profesor harus mencelupkan tangannya pertama dalam air dan kemudian di cairan panas dalam sebuah demonstrasi Efek Leidenfrost ini. Dalam kasus Ta Nou, ia telah mencelupkan tangannya kedalam larutan adonan tepung pisang yang kental sebelum mencelupkan tangan ke dalam wajan panas. Cara kerjanya adalah dengan memanaskan air (dalam kasus Ta Nou ini adalah lapisan tepung pisang goreng) yang mengelilingi kulit sampai berubah menjadi uap.
Pada dasarnya, air atau larutan tepung tadi menciptakan penghalang berupa pelindung uap yang menahan cairan panas selama beberapa waktu dari menyentuh kulit. Hal ini hanya bekerja untuk waktu yang singkat sampai lapisan air pada tangan tadi menguap seluruhnya. Seorang Profesor bernama Jear Walker bahkan pernah mencoba teori ini menggunakan timah panas dan berhasil. Jadi adalah mungkin untuk mencelupkan tangan kamu bahkan ke dalam panci timah panas tanpa terluka.
Satu hal lagi, dalam teori ini dijelaskan jika tetesan air dijatuhkan/menyentuh permukaan yang sangat panas (jauh diatas titik didihnya), hanya sedikit dari lapisan luar tetesan itu yang menguap, kemudian menghasilkan efek isolasi yang menyebabkan tetesan sisa bergulir di permukaan yang panas.
Nah, ketika tetesan air menghantam permukaan yang sangat panas tapi halus, mereka cenderung bergulir atau melompat-lompat ke arah yang acak. Namun jika jatuh ke permukaan yang bergerigi dan sangat panas, maka tetesan air akan cenderung bergulir ke satu arah. Itulah mengapa, kalau tangan kalian pernah terkena tetesan nitrogen cair, nitrogen tersebut malah meluncur dari atas tangan kalian (karena permukaan tangan kita tidaklah halus, melainkan bergerigi karena adanya tekstur pada permukaan epidermis).
Kunci dari aksi menggoreng pisang dengan tangan kosong Ta Nou adalah mencelupkan tangan kedalam cairan lain yang suhunya netral terlebih dahulu sebelum mencelupkan tangan ke dalam cairan dengan titik didih yang jauh diatas cairan pertama. Kedua, gerakan tangan dengan cepat, yaitu masukkan kemudian tarik lagi keluar. Hal ini karena lapisan cairan pertama hanya bisa menahan cairan panas sampai uap isolasinya menguap seluruhnya.
Aksi ini mungkin berbahaya, tapi bukan tidak mungkin kita mencobanya. Tapi tentunya dengan memperhatikan keamanan dan bukan untuk main main ya Atmaguys. Sekarang sudah tau kan, kalau hal sederhana seperti itu bisa dijelaskan dengan sains tanpa perlu mengira ngira Ta Nou menggunakan jimat ilmu hitam apalagi sihir. #JurnalismeWargaMelawanHoaks
Referensi :
https://indonesianskepticsociety.wordpress.com/2015/02/06/leidenfrost-effect-celupkan-tangan-mu-dalam-minyak-mendidih-tanpa-terbakar/
rel="nofollow">http://abulyatama.ac.id/?p=5651</a>#
Pic : googlepics.com
Sudah dilihat 57 kali

Komentar