Buang dan Bakar Sampah Sembarangan akan Kena Hukuman dan Denda 100 Juta

23638 medium sampah 300x225
Warga Brebes diminta untuk tidak membakar dan membuang sampah sembarangan.
Pasalnya, jika itu dilanggar, pelakunya akan terancam sanksi pidana penjara hingga 3 bulan atau denda sebesar maksimal Rp100 juta.

Hukuman ini mengacu pada aturan Undang-undang (UU) Nomor 18 tahun 2008 dan Peraturan Daerah (Perda) nomor 5 tahun 2015 tentang Pengelolaan Sampah.



“Aturannya sebenarnya sudah ada sejak lama. Namun seiring karena tidak tertibnya masyarakat dalam membuang sampah, sekarang mau diintensifkan agar tidak membakar dan membuang sampah sembarangan,” ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah, Edy Kusmartono, saat ditemui dikantornya, Jumat (6/4/2018).

Dia menjelaskan, di dalam dua peraturan tersebut, ada sanksi pidana dan denda apabila masyarakat membuang atau membakar sampah tidak pada tempatnya.

“Sanksi pidana bisa sampai kurungan penjara selama 3 bulan dan denda paling banyak 100 juta rupiah,” tukasnya.
Menurut Edi, dalam aturan tersebut selain menyangkut sanksi pidana, juga mengatur beberapa larangan yang tidak boleh dilanggar.

“Di antaranya, membuang sampah tidak pada tempatnya dan memperlakukan sampah dengan cara membakar,” ujarnya lagi.
Untuk itu, pihaknya meminta kepada masyarakat lebih berperan dalam menyelesaikan persoalan sampah. Sehingga, beban berat tidak terfokus atau dibebankan ke pemerintah semata.

“Kalau di perumahan ya perumahan, sedangkan di desa yang pemerintah desa yang harus bisa mengolah sampah. Karena sampah yang masuk TPS hanya sisa residu,” ungkapnya.

Sedangkan bagi masyarakat yang membakar sampah dipekaranganya sendiri, pihaknya akan memberikan teguran keras kepada yang bersangkutan.

Bahkan, pihaknya dalam waktu dekat akan menggelar razia lingkungan gabungan untuk menegakan hukum lingkungan hidup tersebut.

“Membakar sampah bisa merubah iklim ozon dan menaikan suhu. Pasalnya, residu sampah yang terbakar bisa menambah efek rumah kaca, dan ini membahayakan lingkungan hidup,” pungkasnya.
Brebesnews.co
Sudah dilihat 52 kali

Komentar