Brebes Dapat Alokasi Kartu Indonesia Sehat PBI 1.231.044 Jiwa

35966 medium gerrmas5 1 300x200

BREBES– Sebagai upaya meningkatkan kesadaran hidup sehat masyarakat Brebes, Kementrian Kesehatan Indonesia bersama Pemerintah Kabupaten Brebes menyelenggarakan sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Senin (15/10/2018).

Pelaksanaan sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dihadiri oleh Perwakilan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Kementrian Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Komisi IX DPR RI, Dr. Dewi Aryani, M.Si., Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti,SE,MH dan peserta dari berbagai lapisan masyarakat sebagai target sosialisasi.

Sosialisasi bertujuan untuk menyebarluaskan informasi tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, pencegahan penyakit TBC, dan peningkatan layanan imunisasi pada masyarakat melalui media sosial dan konferesi pers.



Sosialisasi juga bertujuan meng-advokasi terhadap pengambil kebijakan, untuk mendukung terlaksananya Germas melalui kebijakan yang dikeluarkan.

Bupati Brebes, Idza Priyanti menyatakan Germas adalah gerakan masyarakat yang pro-aktif akan kesadaran kehidupan yang sehat paling tidak untuk lingkungan keluarga.

“Himbauan yang perlu diprioritaskan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari adalah melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap harinya, mengkonsumsi sayur dan buah segar, melakukan deteksi dini secara rutin di pos pelayanan kesehatan, menggunakan jamban, dan tidak merokok,” beber Idza.





Alokasi KIS PBI

Sementara itu, Anggota Komisi IX DPRRI, Dewi Aryani mengingatkan kepada sekitar 300 peserta sosialisasi untuk melaksanakan gaya hidup sehat.

“Karena kesehatan adalah hal utama dalam menjalankan kehidupan sehari-hari, maka kesehatan hendaknya perlu dijaga,” paparnya.

Dalam kesempatan ini Dewi juga menyampaikan berita gembira untuk masyarakat Brebes, yaitu telah di perjuangkannya anggaran APBN untuk Kartu Indonesia Sehat Peserta Bantuan Iuaran (KIS PBI).

Kartu KIS ini khusus untuk masyarakat Brebes, yang iurannya dibayar oleh pemerintah pusat, dan telah disetujui untuk 1.231.044 jiwa.

Dewi Aryani berharap, masyarakat Kabupaten Brebes tetap meningkatkan kebiasaan hidup sehat, walaupun sebagian besar warga tidak mampu sudah mendapatkan alokasi kartu KIS tersebut karena sehat tetaplah yang utama.

Dalam rangkaian acara Germas ini, juga dibagikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) secara simbolik kepada perwakilan masyarakat yang hadir.

Nantinya Kartu Indonesia Sehat akan dibagikan kepada 1.231.044 warga Kabupaten Brebes.

Sumber:
Brebes.co.id
Sudah dilihat 26 kali

Komentar