Boomingkan Literasi, TBM AL-LATIF Berkolaborasi dengan KKN UIN SMH Banten 2020

28 September 2020, 22:32 WIB
2 2 94
Gambar untuk Boomingkan Literasi, TBM AL-LATIF Berkolaborasi dengan KKN UIN SMH Banten 2020
Dalam rangka untuk memboomingkan literasi, TBM Al-Latif berkolaborasi dengan KKN UIN SMH Banten 2020. Silatif (Silaturrahmi TBM Al-Latif ) ini salah satu program tbm al-latif yang insyallah akan di lakukan sebulan sekali. Nah, ini program ini di laksanakannya pertama kali di bulan september karena kegiatan ini juga selaligus menyambut HUT yang ke-1.

Asep selaku ketua kegiatan SILATIF mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program kegiatan TBM al-latif yang bertujuan untuk mensosialisasikan budaya literasi di masyarakat mandalawangi.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan budaya literasi. Sehingga akan mengoptimalkan budaya literasi dan terlahirnya penulis-penulis buku yang handal di kecamatan mandalawangi, selain itu untuk meningkatkan silaturrahmi dan memperkenalkan tbm al-latif di khalayak masyarakat hususnya di mandalawangi.
Dan mengajak kepada seluruh masyarakat, pemerintah atau orang yang peduli dengan literasi untuk menjadi fasilitator atau relawan dalam gerakan memboomingkan sekaligus memgoptimalkan budaya literasi di masyarakat. Mau siapa lagi kalau bukan kita, mau kapan lagi kalo bukan sekarang. Ayo gabung bersama kami. Bisa menghubungi via instagram @tbmallatif" Jelas Asep.

Senada dengan Asep, ketua KKN UIN SMH BANTEN -MANDALAWANGI, Mila mengungkapkan kesan terhadap kegiatan ini.

"Kegiatan ini sangat seru, pengalaman baru, dan jadi benih2 berkembang nya literasi di Mandalawangi atas wasilah tbm Al latif.
Ini mungkin kegiatan pertama buat kami terjun langsung kemasyarakat mandalawangi yang berbada lokasi. Hanya dalam kurun waktu satu hari melaksanakan kegiatan Silatif (Silaturahmi Literasi TBM al-Latif) begitu banyak pengalaman serta kesan yang saya dapatkan dan menjadi pelajaran berharga dalam kehidupan bermasyarakat, terutama dari antusias anak-anak, pengelola lembaga pendidikan serta masyarakat saat menyambut kami yang berniat untuk mensosialisasikan budaya literasi. Tidak hanya kebahagiaan yang rasakan tetapi saat bisa berbagi meskipun hanya sedikit rasa puas itu tidak dapat terbendung. Saya selalu ingat pesan yang Guru saya katakan kepada saya bahwa khoirun Naas anfauhum lin Naas  “sebaik-baik manusia (di sisi Allah) adalah mereka yang mampu memberi kemanfaatan bagi orang lain.” tutur Mila.

Kegiatan ini memang sangat berdampak baik untuk masyarakat. Hal ini di sampaikan oleh pengelola MDTA BANATU TARBIYAH kadukaso desa Sirnagalih dan TPQ Nurul Hidayah kadupandak desa Sianrjaya.

"Saya sangat bahagia dan merasa bangga di kunjungi oleh taman bacaan masyarakat al-latif mandalawangi beserta mahasiswa kuliah kerja nyata UIN SMH banten, saya di hubungi oleh kang asep terkait dengan kegiatan ini dan saya secara langsung menyetujui dengan di adakannya kegiatannya ini, karena kegiatannya positif, tentunya menciptakan kegiatan belajar/literasi yang baru bagi anak-anak berbagi pengalaman dari kakang dan tetehnya, anak-anak pun sangat antusias dalam kegiatan ini. Semoga kegiatan ini tetap di lanjutkan dan banyak orang-orang yang peduli dengan budaya literasi". Ungkap Ustadz Ahyat.

Tak berbeda dengan ustadz Ahyat, ustadz Sulbi selaku TPQ Nurul Hidayah Kadupandak desa Sianrjaya merasa bangga dan bahagia dengan adanya kegiatan ini.

"Sangat merasa bangga dan bahagia dikunjungi oleh tbm al-latif dan mahasiswa KKN UIN SMH Banten,karena kegiatan sangat positif dan bermanfaat, karena dalam konsep membudayakan budaya literasi di masyarakat sangat asik dan menarik, semoga kegiatan ini berkelanjutan dan di dukung oleh pihak pemerintah dan masyarakat terkhususnya oleh masyarakat kecamatan mandalawangi" Tutur ustadz Sulbi.

Perlu diketahui, kegiatan ini dilaksanakan hari minggu tanggal 20 september 2020. Berikut adalah sekilas profil kegiatan:

Tempat kegiatan :
1. MDTA BANATU TARBIYAH kadukaso desa sirnagalih
2. TPQ Nurul Hidayah kadupandak desa sianrjaya

Kegiatannya:
1. Bermain
2. Belajar ( membaca buku/gelar buku)
3. Bercerita
4. Berbagi pengalaman

Tujuannya:
1. Silaturrahmi, berbagi bersama masyarakat, pengelola lembaga pendidikan.
2. Mensosialisasikan dan meningkatkan budaya literasi terkhusus di kecamatan mandalawangi.
3. Pendampingan belajar dimasa pandemi
4. Sosialisasi pola hidup sehat ( protokol kesehatan,sosialisasi UU protokol kesehatan : PERBUP NO. 55 TAHUN 2020 Tentang penegakan kedisiplinan dan penerapan hukum protokol Kesehatan
4. Donasi buku bahan pembelajaran.

Sasaran Kegiatan:
1. Siswa TPQ, MDTA, MI/SD, SMP/MTS, SMA/MA dan masyarakat umum khususnya ibu-ibu.

  2 Komentar untuk Boomingkan Literasi, TBM AL-LATIF Berkolaborasi dengan KKN UIN SMH Banten 2020

Tulis komentarmu...

Neng Rahmila Muslimah

Tamu
Ma'annajah tbm Al-Lathif 🤗

Asep saya hidayatullah

Tamu
Terimakasih banyak, semoga ini menjadi motivasi saya dalam mengembangkan budaya literasi

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Tetangga suplai logistik warga isolasi mandiri di Kepatihan

    Deni Suryanti  di  Surakarta Kota  |  15 Oct 2020
  2. Berikut Link Pendaftaran BLT UMKM Rp2,4 Juta Kabupaten Bandung Tahap 3 Yang Dibuka Sampai November

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Rancaekek, Bandung Kabupaten  |  19 Oct 2020
  3. Menguatkan Ketahanan Pangan, Kelurahan Wirogunan adakan Pelatihan "Buledamber"

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  18 Oct 2020
  4. Hoax Pilkada Bisa Menimpa Siapa Saja

    Desty  di  Surakarta Kota  |  15 Oct 2020

Komentar Terbanyak

  1. 2
    Komentar

    Hoax Pilkada Bisa Menimpa Siapa Saja

    Desty  di  Surakarta Kota  |  15 Oct 2020
  2. 2
    Komentar

    Berikut Link Pendaftaran BLT UMKM Rp2,4 Juta Kabupaten Bandung Tahap 3 Yang Dibuka Sampai November

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Rancaekek, Bandung Kabupaten  |  19 Oct 2020
  3. 2
    Komentar

    Menguatkan Ketahanan Pangan, Kelurahan Wirogunan adakan Pelatihan "Buledamber"

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  18 Oct 2020
  4. 2
    Komentar

    Sebagian Kain Menghasilkan Mikroplastik Ketika Dicuci

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Songgon, Banyuwangi  |  18 Oct 2020