BONDING ATTACHEMENT ( Ikatan Batin)

35933 medium post 44262 f570574e 0549 4719 91cf a6c33bb2304a 2018 10 16t10 10 24.870 08 00
1. Definisi
a. Klausa dan Kennel (1983): interaksi orang tua dan bayi yang secara nyata, baik fisik, emosi, maupun sensorik pada beberapa menit dan tajam pertama segera setelah bayi lahir.
bonding attachement yaitu suatu ikatan yang terjadi antara orang tua dan bayi baru lahir, yang meliputi pemberian kasih sayang dan pencurahan perhatian yang saling tarik-menarik.
2. Tahap Bonding Attachment
a. perkenalan ( acquaintance), dengan melakukan kontak mata, menyentuh, berbicara, dan mengesplorasi segera setelah mengenal bayinya. Menurut Klausa, Kenell (1982) bagian penting dari ikatan ialah perkenalan
b. Bonding ( keterikatan)
c. Attachment, perasaan sayang yang meningkat individu dengan individu lain.
3. Elemen Bonding Attachment
a. Sentuhan
Sentuhan, atau indra peraba, dipakai secara ekstensifa oleh orang tua dan pengasuh lain sebagai suatu sarana untuk mengenali bayi baru lahir dengan cara mengeksplorasi tubuh bayi dengan ujung jarinya. Brrdasarkan penelitian, pola sentuhan yang hampir sama, misalnya orangtua atau pengasuh lain mulai dengan menggunakan jari tangan untuk mengesplorasi bagian kepala dan tungkai kaki. Lalu, dilanjutkan dengan menggunakan telapak tangan untuk mengelus badan bayi dan akhirnya memeluk dengan tangannya. (Rubin, 1983; Kennell, 1982.)
b.Kontak Mata
Ketika bayi baru lahir mampu secara fungsional mempertahankan kontak mata, orang tua dan bayi akan menggunakan lebih banyak waktu untuk saling memandang. Beberapa ibu mengatakan, dengan melakukan kontak mata mereka merasa lebih dekat dengan bayinya ( Klausa, Kennell, 1982).
c. Suara
Saling mendengar dan merespon suara antara orang tua dan bayinya jugak penting. Orang tua menunggu tangisan pertama bayinya dengan tegang.
d. Aroma
Ibu mengetahui bahwa setiap anak memiliki aroma yang unik (Porter, Cernoch, Perry, 1983). Sementara itu, bayi belajar dengan cepat untuk membedakan aroma air susu ibunya ( Stainto, 1985).
e. Entrainment
Bayi baru lahir bergerak-bergerak sesuai dengan struktur prmbicaraan orang dewas. Mereka menggoyang tangan, mengangkat kepala, menendang-nendang kaki, seperti sedang berdangsa mengikuti nada suara orangtuanya.
f. Bioritme
Bayi yang belum lahir atau baru lahir dapat di katakan seada dengan ritme alamiah ibu nya. untuk itu, salah satu tugas bayi baru lahir ialah membentuk ritme personal (bioritme). orang tua dapat membantu proses ini dengan memberi kasih sayang yang konsisiten dan dengan memanfaatkan waktu saat bayi mengembangkan perilaku yang responsip.
g. Kontak Dini
ada beberapa keuntungan pisiologis yang dapat di peroleh dari kontak dini, yaitu kadar kada oksitosin dan prolaktin meningkat, refleks menghisap lebih dini, pembentukan kekebalan aktif dimulai serta proses ikatan antara orang tua dan anak dipercepat.
h. body warmth (kehangatan tubuh)
i. waktu pemberian kasih sayang
j. simulasi hormonal
4 keuntungan bonding attachmen
Dampak positif dari bonding attachmen untuk bayi adalah bayi merasa dicintai, di perhatikan, percaya diri, merasa aman, memimbulkan sikap sosoial, serta berani mengeksporasi lingkungan barunya.
5. hambatan bonding attachment
a. kuarangnya sisitem pendukung
b. ibu dengan resiko ibu sakit
c. bayi dengan resiko ( bayi pramatur, bayi sakit, bayi. dengan cacat fisik)
d. kehadiran bayi yang tidak diinginkan



Sudah dilihat 80 kali

Komentar