Bogor Runners, Komunitas Penyebar Virus Lari Kota Hujan

21 May 2019, 11:54
0 0 63
Gambar untuk Bogor Runners, Komunitas Penyebar Virus Lari Kota Hujan
Oleh : Husnul Khatimah

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Olahraga lari telah menjadi gaya hidup kebanyakan kaum urban di Indonesis. Di kota-kota besar seperti Bogor bermunculan komunitas-komunitas lari di antaranya adalah Bogor Runners.

Bogor Runners merupakan komunitas regional Indorunners di Bogor. Di Kota Hujan itu komunitas lari ini terbentuk pada 2013 oleh sekelompok orang yang mempunyai hobi lari.

"Jadi komunitas ini terbentuknya karena kesamaan kita dalam berlari dan pengen hidup sehat, kita bentuk seperti ini karena kita sama-sama senang lari, hobi berlari maka terbentukkah Bogor Runners," ujar Kapten Bogor Runners, Allzulfa Rizqhi kepada ayobogor.com, Senin (20/5/2019).

Setelah eksis selama kurang lebih 6 tahun lamanya anggota Bogor Runners kini tercatat telah mencapai 500 orang termasuk didalamnya tergabung Wali Kota Bogor, Bima Arya yang menjadi anggota kehormatan.

Allzulfa mengatakan awal berdirinya komunitas ini memiliki nama Indorunners Bogor. Namun karena mereka ingin mengedepankan kata Bogor kemdian diganti menjadi Bogor Road Runners sebelum akhirnya menjadi Bogor Runners.

"Ya jadi awal namanya adalah Indorunners Bogor cuma karena kita lebih ingin mengedepankan bogornya kita ganti jadi Bogor Road Runners, nah kemudian karena kita pikir kita larinya gak di road aja, ada yang di trail juga jadi road-nya kita hapus jadilah Bogor Runners sampai sekarang," jelas Allzulfa.

Menurut Allzulfa Bogor Runners bukan hanya sebatas komunitas yang ingin mewadahi anggotanya untuk lari bersama namun lebih dari itu mereka juga memiliki misi mengajak warga Bogor untuk giat lari sebagai bagian dari gaya hidup sehat.

"Jadi kita juga ajak yang lain hidup sehat dengan berlari karena itu salah satu misi kita, kita akan selalu konsisten untuk itu, mengajak teman-teman hidup sehat dengan berlari bersama dan berpikiran positif," katanya.

Bogor Runners biasanya memiliki kegiatan rutin lari bersama anggota setiap Sabtu pagi sejauh 8-10 kilometer. Mereka biasanya melakukan kegitan ini di pedestrian Kebun Raya, Lapangan Sempur atau lokasi-lokasi lainnya yang disepakati anggota.

Selain kegiatan rutin lari bersama sejumlah event juga kerap diadakan oleh Bogor Runners seperti 'Tugu to Tugu' yang merupakan event akbar lari tahunan dengan berlari sejauh 55 kilometer dari Tugu Monas, Jakarta ke Tugu Kujang, Kota Bogor.

Sebagai komunitas, Bogor Runners membuka lebar-lebar pintunya bagi mereka yang ingin bergabung dengan komunitas ini tanpa persyaratan apapun. Karena sesuai misi, mereka adalah komunitas lari yang ingin mengajak banyak orang untuk ikut berlari.

"Jadi siapapun boleh gabung gak perlu malu-malu, kalau mau gabung cukup datang ke kegiatan-kegiatan Bogor Runners, kita kenalan kemudian selanjutnya akan tergabung tanpa harus ada administrasi atau persyaratan apapun, kita akan lari bersama," ungkap Allzulfa.

  Komentar untuk Bogor Runners, Komunitas Penyebar Virus Lari Kota Hujan

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar
Jadilah yang pertama memberi komentar!