Bogor Akan Terapkan Pengolahan Sampah Plastik Jadi Solar

60610 medium plastik
Oleh : Husnul Khatimah

BOGOR TENGAH, AYOBOGOR.COM -- Teknologi pengolahan sampah plastik menjadi solar akan diterapkan di Kota Bogor. Hal ini akan dikerjasamakan dengan perusahaan pengolahan sampah plastik menjadi energi asal London, Plastic Energy Limited.

Kesepakatan kerjasama kedua belah pihak itu telah ditetapkan dalam perjanjian kerjasama yang dilakukan Selasa (7/5/2019) soredi Taman Kaulinan.

"Energi plastik itu suatu terobosan dari united kingdom dan mereka bisa olah plastik jadi solar," ujar Representative Plastic Energy Limited, Kirck Evans, Rabu (8/5/2019).

Dia mengatakan sampah yang akan coba disulap menjadi solar adalah sampah-sampah plastik hasil rumah tangga berupa bungkusan seperti bungkus mi.

Evans menuturkan untuk menerapkan pengolahan sampah plastik menjadi solar langkah pertama pihaknya akan melakukan Feasability Study.

"Feasabilty study, ini dari kita tidak ada dana dari pemerintah. Kami sudah bikin mou dengan Wali Kota Bogor untuk bikin study untuk Bogor dan sekitarnya untuk lihat bagaimana plastik ini digunakan untuk bikin solar," ujarnya.

Dia mengatakan MoU itu berdurasi setahun namun dirinya yakin bisa selesai lebih cepat jika tempat pengolahan sampah yang cocok telah ditemukan.

"Feasabilty Study mulai sekarang, kita sudah ada tim duduk dengan beberapa instansi untuk mendapat informasi untuk studi sampah jadi solar ini dan lain-lain," katanya.

Sementara itu Wali Kota Bogor, Bima Arya mengatakan dia akan memberikan kesempatan kepada perusahaan itu untuk melakukan Feasabilty Study dan pihaknya mengarahkan lokasi pengolahan sampah menjadi solar di TPS Galuga.

"Kita beri kesempatan mereka buat kajian dulu lokasinya kita arahkan ke galuga kita berharap bisa diintegrasikan di galuga untuk mengelola semua plastik yang disitu menjadi energi tanpa mengeluarkan APBD. Ini manfaatnya bagi masyarakat bisa mendapat aliran energi dan sampah plastik bisa dikelola dengan baik karena di semua kota kebanyakan sampah belum terkelola baik," kata Bima.
Sudah dilihat 44 kali

Komentar