BNPB Soft Launching Program Intranet

2 0 257
Gambar untuk BNPB Soft Launching Program Intranet
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan peluncuran tahap awal (soft launching) sistem informasi terpadu berbasis internet yang memudahkan seluruh jajaran pegawai untuk dapat mengetahui perkembangan internal lembaga secara detil pada Kamis (24/10). Selain informasi, program intranet ini sekaligus menjadi pintu untuk memperoleh akses lintas unit guna melihat bagaimana performa BNPB sebagai lembaga yang didaulat guna menangani penanggulangan bencana sesuai UU No 24 Tahun 2008.

Secara penerapan, program intranet ini bekerja melalui fasilitas jaringan nirkabel yang tersedia di Gedung Graha BNPB Pramuka, Jakarta Timur dan Gedung INA-DRTG BNPB Sentul, Bogor, Jawa Barat. Seluruh pegawai mulai dari staf hingga pejabat tinggi yang berlaku sebagai pengguna dapat mengakses intranet menggunakan akun email resmi BNPB setelah terhubung dengan jaringan nirkabel tersebut.

Informasi yang bisa di akses pada halaman khusus intranet merupakan data-data pegawai tiap-tiap unit seperti presensi, tunjangan kinerja, performa pegawai, permohonan peminjaman ruang rapat, anggaran keuangan dan informasi internal lainnya yang diimpor dari berbagai jaringan yang sudah ada seperti dari Biro Kepegawaian, Bagian Keuangan, Bagian Rumah Tangga dan sebagainya.

Pada tampilan halaman utama juga terdapat kolom pengumuman terkait informasi yang selalu diperbaharui oleh lintas unit. Selain itu, pada halaman utama juga dilengkapi fitur kalendar sebagai monitor jadwal kegiatan kedinasan mulai dari Kepala BNPB hingga jadwal perjalanan dinas pegawai tiap-tiap unit.

Dengan fitur intranet, seluruh pejabat tinggi dan eselon dapat memantau kegiatan bawahannya sehingga hal itu dapat digunakan sebagai acuan dalam pengambilan keputusan dan kebijakan pada masing-masing unit.

Program yang dibidani dan dikelola oleh Bidang Informasi, Pusat Data Informasi dan Humas (Pusdatinmas) BNPB tersebut diharapkan dapat dimaksimalkan dan dijadikan sebagai acuan yang menjadi salah satu bagian dari proyek perubahan di lingkungan BNPB melalui satu pintu.

Kedepan, intranet akan dapat diakses melalui jaringan publik sehingga memungkinkan bagi pegawai BNPB berkolaborasi dalam pekerjaan dimanapun berada. Selain itu, intranet akan dikembangkan fitur video conference dan voice to text sehingga memungkinkan dilakukan rapat dan diskusi jarak jauh dengan notulensi hasil rapat dan diskusi yang tertulis sekaligus.

Sumber: Humas BNPB

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Wakil Walikota akan Launching "Gerakan Relawan Hijau", Kampung Surokarsan RW 04

    Abdul Razaq  di  Pakualaman, Yogyakarta  |  16 jam lalu
  2. Semangat Harlah KOPRI dari Pulau Putri

    Nensi Indri  di  Gresik  |  30 Nov 2020
  3. Suro Amerta Surokarsan Titik Finish Gowes Bareng Promosi Wisata Kampung

    Abdul Razaq  di  Mergangsan, Yogyakarta  |  29 Nov 2020
  4. TASYAKURAN PEMBUKAAN KEMBALI SSB PELITA TUNAS CICURUG-SUKABUMI

    Firman Ardiansyah  di  Cicurug, Sukabumi Kabupaten  |  29 Nov 2020

Komentar Terbanyak

  1. 6
    Komentar

    Mitra Utama Fasilitasi Pengenalan Tools Indeks Kinerja Organisasi Kepada Anggota Forum BARANI.

    Institute Of Community Justice Makassar  di  Ujung Pandang, Makassar  |  18 jam lalu
  2. 2
    Komentar

    Wakil Walikota akan Launching "Gerakan Relawan Hijau", Kampung Surokarsan RW 04

    Abdul Razaq  di  Pakualaman, Yogyakarta  |  16 jam lalu
  3. 2
    Komentar

    Hayya 'Alal Jihad Itu Lafazh Bid'ah Dalam Azan

    Satriandesta Mahadyasastra  di  Kemang, Bogor Kabupaten  |  30 Nov 2020
  4. 2
    Komentar

    TASYAKURAN PEMBUKAAN KEMBALI SSB PELITA TUNAS CICURUG-SUKABUMI

    Firman Ardiansyah  di  Cicurug, Sukabumi Kabupaten  |  29 Nov 2020