BMKG: Puncak Musim Hujan Berlangsung Hingga Maret, Waspada Hujan Lebat

21312 medium bmkg puncak musim hujan berlangsung hingga maret  waspada hujan lebat
Beberapa hari yang lalu telah terjadi bencana hidrometerorologi, seperti kejadian bencana tanah longsor di kawasan Puncak, Bogor dan banjir di beberapa wilayah Jakarta akibat luapan bendungan Katulampa. Kejadian bencana alam ini telah memakan korban jiwa.
Kondisi ini diakibatkan salah satunya hujan ekstrem yang terjadi di wilayah Puncak Bogor dalam dua hari terakhir berturut-turut. Curah hujan yang tercatat sebesar 152 mm/ hari dan 164 mm/ hari, seperti yang diutarakan Kepala BMKG, Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D. di depan media massa dalam video konferensi.
"Saat ini Wilayah Indonesia masih berada pada periode musim hujan. Kondisi ini dipengaruhi dari angin baratan yang cukup kuat sejak Januari 2018 dan diprakirakirakan hingga Maret 2018 wilayah Indonesia masih berada pada periode puncak musim hujan," ujar Dwikorita.
Lebih lanjut Dwikorita menjelaskan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi memasuki puncak musim hujan, begitu juga dengan sejumlah daerah lainnya yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang-lebat hingga sepekan kedepan.
Untuk itu, Dwikorita mengimbau masyarakat mewaspadai potensi terjadinya genangan, banjir, dan tanah longsor. "Waspada hujan lebat disertai angin yang dapat menyebabkan pohon tumbang serta tidak berlindung di bawah pohon ketika terjadi hujan dan petir," imbau Dwikorita.
Punya info warga yang bermanfaat? Yuk posting di AtmaGo! #AtmaGo #InfoWarga #WargaBantuWarga
Sumber: Siaran Pers BMKG
Sumber foto: Max Pixel - CC0 Public Domain 
Sudah dilihat 63 kali

Komentar