Blangko KTP Elektronik Habis, Pemkab Brebes Pinjam ke Pemalang

27008 medium 25610
Harapan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan adminduk KTP-elektronik di Kabupaten Brebes nampaknya harus pupus. Kelangkaan blangko menjadi alasan klasik yang kerap terjadi.

Termasuk saat Bupati Brebes Idza Priyanti langsung melakukan inspeksi hari pertama pascalibur Lebaran di kantor Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Brebes, Kamis (21/6). "Dari keterangan Disdukcapil untuk sementara ketersediaan blangko KTP-el saat ini sedang kosong. Tapi katanya sementara akan pinjam ke Kabupaten Pemalang dulu," ungkap Idza di sela kunjungannya.

Diungkapkan, Brebes akan meminjam sedikitnya 4.000 blangko KTP-el untuk mencukupi kebutuhan para pemohon untuk beberapa hari kedepan. "Tapi infromasinya, pekan depan blangko KTP-el dari pusat juga akan datang. Sehingga untuk mencukupi kebutuhan saat ini kita akan pinjam terlebih dahulu," ucapnya.

Sementara Kepala Disdukcapil Brebes Asmuni menyatakan jika kekosongan blangko KTP-el sudah terakomodasi. Pasalnya, sudah jauh-jauh hari pihaknya sudah mengajukan penambahan blangko. Dan hasilnya, pekan depan blangko tersebut akan dikirim dari pusat.

"Untuk itu, guna mencukupi pemohon dan pencetakan kita siasati untuk pinjam ke Pemalang. Jadi kalau nanti blangko dari pusat datang langsung kita kembalikan," katanya.

Dia mengungkapkan, kebutuhan blngko e-KTP hingga pelaksanaan Pemilihan Presiden 2019 mendatang mencapai 125 ribu keping. Jumlah tersebut termasuk dengan pemilih yang pada hari H (pencoblosan) berusia 17 tahun. Dan jumlah tersebut sudah dijukan ke pusat.

"Kebutuhan blangko hinga pilpres nanti sudah kita ajukan ke pusat. Dan pemerintah pusat akan mengupayakan (menyediakan blangko) untuk Pemkab Brebes," pungkasnya.

Radartegal
Sudah dilihat 59 kali

Komentar