Bintek Perlindungan Tenaga Kependidikan (Hari 2)

23 October 2019, 15:52 WIB
1 1 134
Gambar untuk Bintek Perlindungan Tenaga Kependidikan (Hari 2)
Kupang (Rabu, 23 Oktober 2019)
Pada hari ke 2 bintek ada 2 materi yang dibahas diantaranya adalah masalah Perlindungan Hukum dan Perlindungan Profesi.

Materi tentang Perlindungan Hukum disampaikan oleh Prof. Dr. Endang Komara, M.Si. Materi ini berdurasi 6 JP (6 jam pelakaran). Ada beberapa poin penting yang disampaikan oleh tutor tekait materi perlindingan hukum antara lain konsep perlindungan hukum terhadap PTK, Latar belakang dan dasar hukum.

Menurut Raharjo (2000;20) bahwa, " Perlindungan hukum adalah memberikan pengayoman terhadap Hak Azasi Manusia (HAM) yang dirugikan orang lain dan perlindungan itu diberikan kepada masyarakat agar dapat menikmati hak-hak yang diberikan oleh hukum". Perlindungan hukum merupakan gambaran berfungsinya hukum untuk mewujudkan tujuan hukum, yakni keadilan, kemanfaatan dan kepastian hukum.

Terkait dengan hal tersebut diatas maka tenaga pendidik dan pendidikan dalam melaksanakan tugasnya perlu mendapat perlindungan agar mereka dapat bekerja dengan sehat, aman, nyaman dan bermartabat. Beberapa persoalan yang terkait dengan lemahnya perlindungan terhadap tenaga kependidikan sering muncul di lapangan.

Dalam melaksanakan tugasnya tenaga pendidikan sering berhadapan dengan permasalahan yang bisa berimplikasi terhadap hukum, kurang terjaminnya pengembangan profesionalisme, keselamstan dan kesehatan kerja, dan rendahnya perlindungan inovasinya hingga kekayaan intelektualnya tidak dapat pengakuan dari pemerintah.

Masalah hukum yang dihadapi PTK juga akibat pelanggaran yang dilakukannya, seperti tindakan kekerasan perundungan (bullying) kepada peserta didik, pelecehan seksual dan tindakan kriminal lainya. Perlindungan hukum PTK bukan hanya sebagai fihak yang disangka melakukan pelanggaran hukum tetapi juga berpotensi sebagai korban pelanggaran hukum, seperti kasus seperti pemukulan peserta didik terhadap PTK, intimidasi, ancaman, dan kasus penipuan terhadap PTK.

Melihat permasalahan ini maka pemerintah memandang perlu menjamin perlindungan hukum kepada PTK. Dasar hukumnya UUD 1945 pasal 1 ayat 3 menyatakan; Indonesia adalah negara hukum, ini berarti Indonesia adalah negara yang berdasarkan stas hukum. Kemudian pasal 27 UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 pasal yang diuraikan:
1). Setiap warga negara bersamaan kedudukannya didalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya.
2). Tiap warga berhak atas warga negara berhak atas pekerjaan dsn penghidupan yang layak bagi kemanusiaan.
3). Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.
Dari undang undang tersebut turunannya adalah permendikbud nomor 10 tahun 2017 tentang Perlindungan hukum, profesi dan pengasilan yang layak sesuai kebutuhkan yang diharapkan agar keselamatan kerja terjamin dan tentunya berdampak pada hasil kerja yang optimal.

  1 Komentar untuk Bintek Perlindungan Tenaga Kependidikan (Hari 2)

Tulis komentarmu...

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Pesan Bapak Kepala Dinas Pendidikan Lombok Tengah Untuk Sang Kepala Sekolah

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  26 May 2020
  2. Jelang Idul Fitri Semua Pusat Perbelanjaan Ditutup

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  21 May 2020
  3. Situs Untuk Membuat Kartu Ucapan Idul Fitri

    𝙈𝙊𝙃𝘼𝙈𝙈𝘼𝘿 𝙅𝘼𝙀𝙉𝙐𝘿𝙄𝙉  di  Surabaya  |  21 May 2020
  4. #yukpedulitetangga

    Eriyana Putri Nuramdani  di  Citamiang, Sukabumi Kota  |  21 May 2020

Komentar Terbanyak

  1. 4
    Komentar

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H

    Lalu Iskandar  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  23 May 2020
  2. 4
    Komentar

    Pesan Bapak Kepala Dinas Pendidikan Lombok Tengah Untuk Sang Kepala Sekolah

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  26 May 2020
  3. 3
    Komentar

    Jelang Idul Fitri Semua Pusat Perbelanjaan Ditutup

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  21 May 2020
  4. 3
    Komentar

    Hargailah Para Pejuang Melawan Covid-19

    Zulkarna  di  Batukliang, Lombok Tengah  |  23 May 2020